Perempuan Pedagang dan Kontribusinya dalam Ekonomi Keluarga. (Studi di Pasar Baru, Nagari Pasar Baru, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan)

Dirgahayu, Mesi (2021) Perempuan Pedagang dan Kontribusinya dalam Ekonomi Keluarga. (Studi di Pasar Baru, Nagari Pasar Baru, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_MESI_DIRGAHAYU_17052018_3488_2021.pdf

Download (365kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui apa saja aktifitas perempuan Pedagang dalam memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga, faktor yang menjadi pendukung dan penghambat perempuan pedagang dalam bekerja, serta Kontribusi Perempuan Pedagang dalam memenuhi ekonomi keluarga. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekataan kualitatif.Pengumpulan data penelitian observasi, wawancara, studi dokumentasi dengan jumlah informan 12 orang, jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Aktivitas perempuanpedagang dalam memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga berbeda-beda namun dapat di kelompokan menjadi yaitu mempersiapkan barang dagang, menyusun atau menata barang dagang, melayani pembeli serta menyusun kembali barang dagang ketika mau tutup berjualan, Modal menjadi faktor utama juga pendukung perempuan pedagangyaitu Keamanan, adanya jaminan sosial dari pemerintah, dukungan keluarga, Budaya transaksi sesama pedagang, faktor pendukung tersebut yang dapat menghasilkan uang untuk membantu ekonomi keluarga, selain itu juga ada yang menjadi penghambat menjadi pedagang diantara nya faktor yang menghambat yaitu Persaingan tidak sehat, Tanggung jawab Kegiatan Sosial, Kondisi fisik., dengan berdagang Perempuan berkontribusidalam pemenuhan ekonomi keluarga yang digunakan untuk keperluan sandang, pangan, untuk membiayai beperluan sekolah atau biaya pendidikan anak, kebutuhan sehari-hari, keperluan sekolah anak, biaya pendidikan anak, biaya pendidikan adik biaya untuk pengobatan anggota keluarga, juga harus disisihkan uang untuk kegiatan sosial yang dilaksanakan oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 12 Oct 2021 03:20
Last Modified: 12 Oct 2021 03:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34470

Actions (login required)

View Item View Item