Pengembangan Buku Guru IPA Terpadu Bermuatan Karakter dengan Tema Kohesi dan Adhesi pada Makhluk Hidup Berbasis Shared Model

Kendedes, Tarinta Annisa (2021) Pengembangan Buku Guru IPA Terpadu Bermuatan Karakter dengan Tema Kohesi dan Adhesi pada Makhluk Hidup Berbasis Shared Model. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_TARINTA_ANNISA_KENDEDES_16175034_2269_2021.pdf

Download (668kB) | Preview

Abstract

Implementasi kurikulum 2013 memuat berbagai aspek yang mendukung dalam pelaksanaan kurikulum tersebut. Salah satu sumber belajar yang mendukung proses pembelajaran yaitu buku guru dan buku siswa. Buku guru merupakan pedoman bagi guru untuk melalui tahap persiapan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran. Selain itu buku guru adalah petunjuk menggunakan buku siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan buku guru IPA Terpadu bermuatan karakter dengan tema kohesi dan adhesi pada makhluk hidup berbasis shared model dengan kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Revees. Model Revees terdiri dari empat fase, yaitu fase analisis masalah, fase desain dan pengembangan prototipe, fase pengujian berulang dan perbaikan dan selanjutnya fase implementasi. Data dalam penelitian ini adalah data analisis kebutuhan, data validasi, data praktikalitas dan data efektivitas. Instrument penelitian terdiri dari angket, lembar analisis, lembar validasi, lembar praktikalitas dan lembar efektivitas. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil tahapan pengembangan yaitu untuk memperoleh kriteria valid, praktis dan efektif. Pada angket validasi buku guru yang terdiri dari 3 indikator yaitu aspek isi, aspek konstruk, aspek kebahasaan, dan aspek kegrafisan diperoleh kategori valid, sedangkan pada angket kepraktisan yang terdiri dari 3 indikator yaitu mudah dipahami, menarik dan efisien diperoleh kategori sangat praktis dan pada angket efektifitas yang terdiri dari 2 indikator yaitu mengenai persepsi guru dan adanya perubahan pengetahuan, keterampilan dan sikap diperoleh kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan buku guru IPA Terpadu bermuatan karakter dengan tema kohesi dan adhesi pada makhluk hidup berbasis shared model dengan kriteria valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 11 Oct 2021 04:10
Last Modified: 11 Oct 2021 04:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34467

Actions (login required)

View Item View Item