Persepsi Siswa terhadap SMK Sebelum dan Sedang dalam Proses Pembelajaran di SMK Muhammadiyah 1 Padang.

Brawira, Irfan Adima (2021) Persepsi Siswa terhadap SMK Sebelum dan Sedang dalam Proses Pembelajaran di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_IRFAN_ADIMA_BRAWIRA_1302506_1007_2021.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor yang menentukan apakah persepsi siswa itu baik atau sebaliknya terhadap terhadap SMK adalah pengetahuan mereka atau hal-hal yang berhubungan tentang SMK. Pengetahuan siswa terhadap SMK atau hal-hal yang bersangkutan dengan SMK karena siswa yang tahu tentang bagaimana SMK itu akan merubah persepsi siswa tersebut. Karena berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti sebelum masuk ke SMK siswa banyak yang belum mengenal SMK tempat siswa bersekolah sekarang sehingga persepsi siswa terhadap SMK tersebut kurang baik. Sedangkan setelah siswa mulai memasuki proses pembelajaran siswa mulai mengenal SMK tersebut yang akhirnya persepsi siswa membaik terhadap SMK. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan mengunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 67 orang dari seluruh kelompok usia. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling, jumlah sampel di dalam penelitian ini adalah berjumlah 37 orang atlet. Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase. Hasil penelitian diperoleh bahwa; (1) persepsi siswa terhadap SMK di SMK Muhammadiyah 1 Padang tingkat capaian responden 66,80% saat sebelum dan 77,84 saat sedang sudah dikategorikan baik. (2) persepsi siswa tentang metode mengajar di SMK Muhammadiyah 1 Padang dengan capaian 66,49% saat sebelum dan 76,49% saat sedang sudah dikategorikan baik. (3) persepsi siswa tentang fasilitas SMK di SMK Muhammadiyah 1 Padang dengan capaian 64,05% saat sebelum dan 71,62% saat sedang sudah dikategorikan baik. (4) persepsi siswa tentang proses pembelajaran di SMK Muhammadiyah 1 Padang dengan capaian 66,03% saat sebelum dan 76,58% saat sedang sudah dikategorikan baik. (5) persepsi siswa tentang sikap dan disiplin di SMK Muhammadiyah 1 Padang dengan capaian 71,89% saat sebelum dan 80% saat sedang sudah dikategorikan sangat baik. (6) persepsi siswa tentang keterampilan siswa di SMK Muhammadiyah 1 Padang dengan capaian 73,9% saat sebelum dan 82,30% saat sedang sudah dikategorikan baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahawa, persepsi siswa sebelum dan sedang dalam proses pembelajaran di SMK Muhammadiyah 1 Padang, dari segi persepsi terhadap SMK, metode mengajar, fasilitas SMK, proses pembelajaran, sikap disiplin dan keterampilan siswa pada tingkat baik tapi masih harus di tingkatkan lagi pada pengenalan SMK kepada siswa sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Oct 2021 04:09
Last Modified: 11 Oct 2021 04:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34462

Actions (login required)

View Item View Item