Pemahaman Guru Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Indonesia Berdasarkan Kurikulum 2013 di SMKN 2 Bukittinggi

Yulia, Desri (2021) Pemahaman Guru Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Indonesia Berdasarkan Kurikulum 2013 di SMKN 2 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_DESRI_YULIA_17046058_3170_2021.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penyederhanaan struktur kurikulum 2013 pada jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang mana guru-guru mengatakan alokasi waktu untuk mata pelajaran sejarah Indonesia yang semakin berkurang seiring dengan Revisi kurikulum 2013, sehingga menyebabkan guru kekurangan jam pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman guru sejarah Indonesia terhadap pelaksanaan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 yang dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Bukttinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mix methods (Kuantitatif dan Kualitatif). Alat pengambilan data berupa lembar penilaian, wawancara, observasi serta dokumentasi. Lembar penilaian memuat variabel kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, scientific approach, dan kegiatan penutup. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pemahaman guru sejarah Indonesia di SMKN 2 Bukittinggi terhadap pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 dalam kategori baik dengan angka persentase sebesar 78, 7%. Berdasarkan indikator kegiatan pendahuluan 83,2 %; kegiatan Inti 80,6 %; scientific approach 69,8%; kegiatan penutup 81,3%. Namun, dalam aturannya guru tidak paham dengan pelaksanaan pembelajaran sejarah Indonesia berdasarkan Kurikulum 2013, karena dalam perencanaan pembelajaran guru tidak membuat RPP sesuai dengan aturan Kurikulum 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman guru terhadap pelaksanaan pembelajaran sejarah Indonesia berdasarkan kurikulum 2013 di SMKN 2 Bukittinggi dalam prakteknya menunjukkan ciri yang baik namun, berdasarkan teorinya guru tidak paham pelaksanaan pembelajaran berdasarakan Kurikulum 2013 karena RPP yang dibuat tidak sesuai dengan pelaksanaan dan kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 11 Oct 2021 04:09
Last Modified: 07 Feb 2023 01:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34458

Actions (login required)

View Item View Item