Budaya Belajar Sejarah Siswa Kelas XI SMA N 11 Padang

Megawati, Dela (2021) Budaya Belajar Sejarah Siswa Kelas XI SMA N 11 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_DELA_MEGAWATI_16046048_364_2021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi pada siswa kelas XI IPA dan siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Padang dalam mata pelajaran sejarah. Dimana jam mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS 3 jam dalam satu minggu, sedangkan jam mata pelajaran sejarah di kelas IPA 1 jam dalam satu minggu. Tetapi hasil belajar siswa kelas IPS dalam mata pelajaran sejarah lebih rendah dari pada siswa kelas IPA. Sehubungan dengan itu ,penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah terdapat perbedaan budaya belajar sejarah antara siswa IPA dan IPS siswa SMA N egeri 11 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA dan siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Padang yang terdiri dari 285 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 45 siswa yang terdiri dari 25 siswa kelas XI IPA dan 20 siswa kelas XI IPS . Pengambilan sampel ditentukan dengan random sampling yaitu secara acak. Data budaya belajar sejarah siswa kelas XI IPA dan siswa kelas XI IPS di peroleh dari penyebaran angket dengan skala pengukuran skala likert. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini rumus uji T-test. Dari analisis data hasil penelitian yang mengunakan uji t-test terdapat bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel dimana t-hitung 6, 1> t-tabel 2, 1 yang berarti secara statistic terdapat perbedaan budaya belajar antara siswa kelas XI IPA dan siswa kelas XI IPS dalam mata pelajaran Sejarah dan dari hasil uji t.test semua indikator yang terdiri dari 6 indikator menyatakan bahwa t-hitung lebih besar daripada t-tabel. Hal ini disebabkan adanya kebiasaan belajar yang kurang baik, sehingga budaya belajar yang dihasilkan siswa juga kurang baik dan berakibat kepada hasil belajar. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara budaya belajar siswa kelas XI IPA dan siswa kelas XI IPS dalam mata pelajaran Sejarah di SMA N 11 Padang yang dapat dilihat dari hasil uji hipotesis nilai t-hitung 6,1 dan t-tabel 2,1 pada a = 0.05. Dapat juga dibuktikan dengan rata rata siswa kelas XI IPA 88% lebih baik dari siswa kelas XI IPS dengan rata - rata 74%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 11 Oct 2021 04:08
Last Modified: 07 Feb 2023 01:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34457

Actions (login required)

View Item View Item