Pengembangan ANIDO Sebagai Media Pembelajaran Sejarah pada Materi Pertempuran Surabaya untuk SMA Kelas XI

Naqizirya, Azyora Fitri (2021) Pengembangan ANIDO Sebagai Media Pembelajaran Sejarah pada Materi Pertempuran Surabaya untuk SMA Kelas XI. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_AZYORA_FITRI_NAQIZIRYA_16046007_413_2021.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini selain belum bervariasinya media yang digunakan guru dalam pembelajaran Sejarah Indonesia juga karena pembelajaran sejarah di SMA masih didominasi oleh arah pembelajaran yang menekankan pada penghafalan dan belum banyak memuat unsur berpikir kausalitas atau sebab­ akibat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Sejarah Indonesia khususnya pada materi Pertempuran Surabaya. Materi pada media ANIDO disusun berdasarkan kausalitas atau sebab­akibat terjadinya suatu peristiwa. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan model ADDIE yang terdiri lima tahap yaitu : Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Pada penelitian ini dilakukan hanya sampai tahap Development. Uji validitas media ANIDO dilakukan oleh beberapa ahli yakni ahli materi, ahli media dan ahli berpikir kausalitas (sebab­akibat). Lebih lanjut uji kelayakan dilakukan pada guru Sejarah dan siswa SMA N 1 Batusangkar kelas XI IPS 1 dengan menggunakan angket melalui Google Form. Analisis hasil uji validitas ahli materi Sejarah Indonesia berada pada kategori sangat valid dengan rata­rata sebesar 3,8. Sedangkan hasil uji validitas ahli berpikir kausalitas (sebab­akibat) juga berada pada kategori sangat valid dengan rata­rata 3,41. Hasil uji validitas media ANIDO oleh ahli media berada pada kategori sangat valid dengan rata­rata 3, 71. Kemudian analisis media ANIDO sebagai media pembelajaran sejarah dari guru sejarah dengan rata­rata 3,9 berada pada kategori sangat layak. Seharusnya media ANIDO diujikan langsung kepada siswa dalam kelas dengan praktik pembelajaran. Akan tetapi karena masih dalam pandemi Covid­19, dimana pembelajaran dilaksanakan dirumah. Maka uji kelayakan dilakukan pada siswa melalui media online yakni YouTube dan Google Form. Hasil analisis kelayakan media ANIDO oleh siswa dengan memperoleh hasil rata­rata 3,32 yang berada pada kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 11 Oct 2021 04:08
Last Modified: 07 Feb 2023 01:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34455

Actions (login required)

View Item View Item