Inovasi Pohon Silsilah Berbasis QR-Code Sebagai Media Pembelajaran Sejarah di SMA

Manullang, Angelina Stephani (2021) Inovasi Pohon Silsilah Berbasis QR-Code Sebagai Media Pembelajaran Sejarah di SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_ANGELINA_STEPHANI_MANULLANG_17046055_2965_2021.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang inovasi pohon silsilah berbasis QR-Code sebagai media pembelajaran sejarah di SMA. Tidak tercapainya tujuan dari pembelajaran sejarah menjadi permasalahan dalam pembelajaran sejarah. Hal ini terbukti bahwa masih terdapat kesulitan yang dihadapi guru untuk memanfaatkan media pembelajaran di SMA Pembangunan Laboratorium UNP sehingga siswa hanya terpaku pada fakta sejarah dan tidak mampu mengasah kemampuan Historical Thinking. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pohon silsilah kerajaan berbasis QR-Code, menganalisis kelayakan media pohon silsilah berbasis QR-Code dan menganalisis kepraktisan media pohon silsilah berbasis QR-Code sebagai media pembelajaran sejarah di SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development atau R&D (Penelitian dan Pengembangan) yang terdiri dari empat tahapan penelitian yaitu analisis, desain, pengembangan dan implementasi. Uji kelayakan produk penelitian terdiri dari ahli materi, media, dan Historical Thinking. Sedangkan subjek praktikalitas penelitian teridiri dari satu orang guru dan 29 orang siswa kelas X MIA SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Instrumen yang digunakan untuk uji kelayakan (validasi) yaitu angket validasi. Kategori penilaian instrumen menggunakan skala likert dan teknik analisis data menggunakan rerata dan persentase. Pengembangan produk dimulai dengan pertama ditemukannya masalah dalam kegiatan pembelajaran dengan menganalisis kurikulum, keadaan peserta didik, dan substansi pembelajran sejarah kedua membuat desain gambar pohon, membuat barcode pada aplikasi QR & BarCode Scanner, Link'Iree, kemudian memasukkan materi dari berbagai referensi dan mencari link video dari YouTube serta menggabungkannya kedalam narasi materi, ketiga memvalidasi dan menguji kelayakan media pohon silsilah berbasis QR-Code dimulai dengan kegiatan membuat kisi-kisi angket validasi produk untuk ahli materi, ahli media, ahli Historical Thinking, angket untuk guru dan siswa. Hasil validasi untuk ahli materi diperoleh hasil "sangat layak, hasil uji validasi ahli media diperoleh kategori "sangat layak", hasil uji vaidasi ahli Historical Thinking diperoleh rata-rata "sangat layak". Keempat Media yang sudah divalidasi diuji kembali kepraktisannya kepada guru dan siswa dengan hasil sangat praktis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media Pohon Silsilah Berbasis QR-Code sangat layak dan praktis digunakan di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 11 Oct 2021 04:08
Last Modified: 07 Feb 2023 01:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34447

Actions (login required)

View Item View Item