Strategi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Tabur Puja dan Bank Sampah di Posdaya Permata Bunda Kelurahan Gunung Sarik Kecamatan Kuranji

Juita, Intan Ratna (2020) Strategi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Tabur Puja dan Bank Sampah di Posdaya Permata Bunda Kelurahan Gunung Sarik Kecamatan Kuranji. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_03_INTAN_RATNA_JUITA_488_15052010_2020.pdf

Download (300kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pemberdayaan masyarakat melalui Tabur Puja dan Bank Sampah di Posdaya Permata Bunda, dan dampak yang diperoleh anggota melalui pemberdayaan yang dilakukan Tabur Puja dan Bank Sampah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, informan penelitian ditentukan secara purposive yang berjumlah 12 orang yang terdiri dari Ketua Posdaya Permata Bunda, Pengurus Bank Sampah, Pengurus Koperasi, Anggota Tabur Puja, dan Nasabah Bank Sampah. Data dikumpulkan selama 2 bulan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis mengacu kepada tahapan analisis data Milles dan Huberman dengan tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, pemeriksaan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemberdayaan masyarakat yang dilakukan Tabur Puja yaitu melalui sosialisasi, pemberian motivasi, analisis usaha, pemberian pinjaman, survey ke tempat usaha, dan pertemuan rutin. Sedangkan pada Bank Sampah yaitu melalui sosialisasi, pemberian motivasi, menyetor sampah, pelatihan membuat kerajinan, dan pertemuan rutin. Dampak yang diperoleh anggota melalui Tabur Puja yaitu dampak ekonomi yang meningkatkan penghasilannnya. Sedangkan pada Bank sampah, dampak yang diperoleh nasabah juga dampak ekonomi dan dampak lingkungan yang menjadikan lingkungan bersih, sehat, dan nyaman. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pemberdayaan yang dilakukan oleh Tabur Puja dan Bank Sampah sama-sama bertujuan untuk meningkatkan penghasilan masyarakat miskin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 11 Oct 2021 04:07
Last Modified: 11 Oct 2021 04:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34444

Actions (login required)

View Item View Item