Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Mata Kuliah Umum Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Sarana Pendidikan Politik (Studi Kasus Terhadap 50 Orang Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Yang Sudah Mengambil Mata Kuliah Umum Pendidikan Kewarganegaraan)

Saputra, Guspalin Tomi (2020) Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Mata Kuliah Umum Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Sarana Pendidikan Politik (Studi Kasus Terhadap 50 Orang Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Yang Sudah Mengambil Mata Kuliah Umum Pendidikan Kewarganegaraan). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_03_GUSPALIN_TOMI_SAPUTRA_464_15052106_2020.pdf

Download (417kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan persepsi mahasiswa terhadap Pembelajran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai sarana pendidikan politik. Penelitian ini berbentuk deskriptif kuantitatif dengan informan penelitian adalah mahasiswa yang sudah mengambil mata kuliah umum Pendidikan Kewarganegaraan. Lokasi penelitian berada di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik Quota Sampling dengan pengambilan sampel sebanyak 50 orang. Instrumen penelitian ini berupa angket. Analiasis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran mata kuliah umum pendidikan kewarganegaraan dilihat dari konten (materi), media, strategi pembelajaran dan evaluasi pembelajaran mata kuliah pendidikan kewarganegaraan sebagai pendidikan politik. Temuan penelitian menunjukan Persepsi mahasiswa terhadap konteks (materi) pembelajaran pendidikan kewarganegraan berada pada Kriteria baik dengan mempoleh skor rata-rata persentase Setuju/Jarang dan Sangat Setuju/Sering yaitu 66%. Persepsi mahasiswa terhadap Strategi pembelajaran Pendidikan Kewarganegraan berada pada Kriteria baik dengan mempoleh skor ratarata persentase Setuju/Jarang dan Sangat Setuju/Sering skor rata-tara persentase sebesar 84%. Persepsi mahasiswa terhadap Media Pembelajaran Pendidikan Kewarganegraan berada pada Kriteria baik dengan mempoleh skor rata-rata persentase Setuju/Jarang dan Sangat Setuju/Sering skor rata-rata persentase sebesar 73,33%. Persepsi mahasiswa terhadap evaluasi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegraan berada pada Kriteria baik dengan mempoleh skor rata-rata persentase Setuju/Jarang dan Sangat Setuju/Sering setuju rata-rata persentase sebesar 96%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 11 Oct 2021 04:07
Last Modified: 11 Oct 2021 04:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34441

Actions (login required)

View Item View Item