Tantangan dan Solusi Pembelajaran Daring di Masa New Normal SMA Muhammadiyah 1 Kota Lubuklinggau

Mulyani, Adinda (2021) Tantangan dan Solusi Pembelajaran Daring di Masa New Normal SMA Muhammadiyah 1 Kota Lubuklinggau. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ADINDA_MULYANI_RAUDHATUS_SA’ADAH_17045080_3369_2021.pdf

Download (528kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Tantangan dan Solusi Pembelajaran Daring di Masa New Normal SMA Muhammadiyah 1 Kota Lubuklinggau. Tujuan penelitian ini adalah 1) Tantangan guru dalam menerapkan pembelajaran daring masa pandemi Covid-19, 2) Solusi guru dalam menghadapi tantangan pembelajaran daring masa pandemi covid-19. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu guru kelas X sebanyak 4 orang, guru kelas XI sebanyak 3 orang, guru kelas XII sebanyak 3 orang jadi jumlah informan penelitian adalah 10 orang. Analisis data dalam penilitian ini meliputi : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa pembelajaran daring yang dilaksanakan pertama kali memiliki tantangan bagi guru yaitu : 1) Pemahaman teknologi, 2) Keterbatasan fasilitas, 3) Jangkauan jaringan, 4) rendahnya kreativitas. Dengan keadaan tersebut solusi yang diberikan yaitu : 1) Membuat pembelajaran yang semenarik mungkin, 2) Update dalam perkembangan teknologi, 3) Melakukan pembelajaran luring, 4) penyediaan akses jaringan yang dapat mempermudah proses pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 11 Oct 2021 04:07
Last Modified: 11 Oct 2021 04:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34436

Actions (login required)

View Item View Item