Implementasi Program Keluarga Harapan dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Miskin di Nagari Malampah Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman.

Zahrawati, Depi (2020) Implementasi Program Keluarga Harapan dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Miskin di Nagari Malampah Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_03_DEPI_ZAHRAWATI_316_15052103_2020.pdf

Download (348kB) | Preview

Abstract

Salah satu upaya pemerintah Indonesia dalam menanggulangi kemiskinan yaitu dengan mengeluarkan Program Keluarga Harapan (PKH). Nagari Malampah merupakan salah satu nagari yang ada di Kecamatan Tigo Nagari Kebupaten Pasaman yang mendapat bantuan PKH terbanyak diantara nagari lain yang ada di Kecamatan Tigo Nagari. Berdasarkan data yang didapat sejak tahun 2015 sampai 2019 jumlah penerima bantuan PKH mengalami naik turun. Tahun 2019 merupakan tahun penerima bantuan PKH terbanyak dari tahun sebelumnya. Berdasarkan data tersebut, dapat dikatakan bahwa implementasi Program Keluarga Harapan di Nagari Malampah masih belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan implementasi Program Keluarga Harapan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga miskin sekaligus mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung keberhasilan implementasi Program Keluarga Harapan di Nagari Malampah Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Informan dalam penelitian dipilih secara purposive sampling yang terdiri dari Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pasaman, Koordinator PPKH Kabupaten Pasaman, Wali Nagari Malampah, Pendamping PKH Nagari Malampah, masyarakat penerima bantuan PKH, dan masyarakat yang tidak menerima bantuan PKH. Data penelitian dikumpulkan melalui obeservasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data digunakan teknik triangulasi sumber. Data yang diperoleh dianalisis melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitan menunjukan bahwa pelaksanaan program keluarga harapan sudah berpatokan kepada peraturan menteri sosial nomor 1 tahun 2018. Namun dari masyarakat penerima bantuan PKH masih ada yang tidak berkomitmen terhadap kewajibannya. Faktor penghambat dan pendukung implemntasi program keluarga harapan dilihat dari komunikasi pendamping dan masyarakat sudah baik, sumber daya seperti petugas dan fasilitas untuk Nagari Malampah masih kurang, sikap pelaksana dalam implementasi Program Keluarga Harapan sudah sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan, struktur organisasi dalam implementasi Program Keluarga Harapan di Nagari Malampah sudah jelas dan sesuai dengan SOP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 11 Oct 2021 04:06
Last Modified: 11 Oct 2021 04:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34433

Actions (login required)

View Item View Item