KehidupanSosial Ekonomi Masyarakat Pantai Nagari Persiapan Maligi: Perpindahan Mata Pencaharian Masyarakat Nelayan Tahun 2010-2017

Syah, Abdul (2021) KehidupanSosial Ekonomi Masyarakat Pantai Nagari Persiapan Maligi: Perpindahan Mata Pencaharian Masyarakat Nelayan Tahun 2010-2017. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_ABDUL_SYAH_16046080_363_2021.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang kehidupan sosial ekonomi masyarakat pantai Nagari Persiapan Maligi: Perpindahan Mata Pencaharian Masyarakat Nelayan Tahun 2010 -2017. Permasalahan yang penulis angkat dalam penelitian ini adalah: bagaimana proses perpindahan mata pencaharian sebagai nelayan ke mata pencaharian lainya. Dengan berkurangnya jumlah nelayan di daerah pesisir pantai ini merupakan permasalahan yang hams diteliti sehingga penulis menemukan beberapa kemungkinan berkurangnya jumlah nelayan tersebut. Layaknya sebuah skripsi maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan awal terjadinya perpindahan mata pencaharian masyarakat nelayan tahun 2010-2017. Penelitian ini termasuk penelitian sejarah. Langkah awal dalam penelitian yaitu dengan adanya data pada tahun 2010- 2017 memang benar terjadi perubahan jumlah nelayan yang begitu banyak, begitupun sebanyak 19 informan yang peneliti wawancari memberikan pandangan terhadap perubahan jumlah nelayan tersebut. Langkah kedua yaitu dengan melakukan ktitik sumber dari data tersebut. Tahap ketiga adalah analisis dan interprestasi informasi yang telah diseleksi melalui ktitik sumber. Tahap terkahir adalah penyajian hasil penelitian dalam bentuk skripsi. Maligi merupakan daerah pesisir yang sudah berangsur-angsur meninggalakan pekerjaanya sebagai nelayan, banyak masyarakat nelayan yang dulunya bekerja sebagai nelayan namun sekamg sudah berganti pekerjaan, ada yang bekerja sebagai buruh, pedagang dan lain -lain. Berdasarkan keadaan perpindahan pekerjaan dari nelayan kepekerjaan yang lain ini, temyata permasalahan yang dirasakan oleh nelayan itu adalah: 1. Aktivitas nelayan Maligi sangat ketergantungan pada alam, Iklim dan cuaca sangat berpengaruh pada proses aktivitas nelayan di Maligi. 2. Hasil dari tangkapan nelayan pada akhir-akhir ini sudah terasa menurun, ini dipicu oleh perubahan kapal nelayan pada akhir-akhir penelitian ini, kemudian juga dipicu oleh alat tangkap nelayan yang sangat terbatas. 3. Perpindahan ini juga didukung dengan keinginan perubahan pekerjaan dari nelayan itu sendiri, hal ini juga dipicu oleh kurangnya para genarsi dan pola pikir masyarakat yang semakin maju. 4. Selain itu juga kepemilikan harta benda lainya juga sebagai pemicu berkurangnya jumalah nelayan Maligi, seperti mereka yang punya perkebunan dan petemakan, karena bagi mereka berkebun dan betemak juga menjanjikan hasilnya mereka dapatkan. 5. Perubahan-perubahan bangunan fisik yang terjadi di Maligi juga sebagai pemicu masyarakat nelayan untuk beralih kepekerjaan lain, contoh dengan adanya aliran listrik, jembatan perbatasan, akses jalan yang mudah sehinggajaringan mengenal dunia luar juga semakin mudah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 11 Oct 2021 04:06
Last Modified: 07 Feb 2023 01:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34432

Actions (login required)

View Item View Item