Pengembangan Buku Ajar Edupark Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Janjang Siribu dan Gunung Merah Putih Sulit Air Berbasis Problem Based Learning

Gusweri, Siska (2021) Pengembangan Buku Ajar Edupark Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Janjang Siribu dan Gunung Merah Putih Sulit Air Berbasis Problem Based Learning. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_SISKA_GUSWERI_17175028_1867_2021.pdf

Download (814kB) | Preview

Abstract

Kurangnya pengintegrasian materi pembelajaran dengan lingkungan alam sekitar merupakan salah satu penyebab peserta didik kesulitan memahami konsep�konsep ilmu pengetahuan alam. Sementara disekitar peserta didik banyak ditemukan gejala-gejala alam yang berhubungan dengan konsep ilmu pengetahuan alam, hal ini dapat dilihat dari hasil analisis pengetahuan peserta didik terkat konsep-konsep IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan buku ajar edupark ilmu pengetahuan alam (IPA) Janjang Siribu dan Gunung Merah Putih Sulit Air berbasis problem based learning dengan kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah desain dan evaluasi (Educational Design Research), dengan model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp dengan menggunakan model pengembangan Plomp. Prosedur pengembangan dimulai dari tahap preliminary research dengan melakukan analisis peserta didik, analisis sumber belajar, analisis potensi daerah, dan analisis materi. Prototyping phase meliputi perancangan terhadap buku ajar yang akan dikembangkan, uji validitas oleh tiga orang ahli, uji satu per satu terhadap buku ajar, uji kelompok kecil untuk menentukan kepraktisan buku ajar pada respon peserta didik, serta uji lapangan untuk menentukan kepraktisan buku respon dari pendidik dan peserta didik. Assesment phase menentukan efektivitas buku dengan melakukan penilaian terhadap hasil belajar peserta didik. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII MTs Muhammadiyah Sulit Air sebanyak 29 orang. Instrumen pengumpulan data berupa angket analisis peserta didik, validitas, praktikalitas, tes kompetensi dan lembar penilaian sikap sosial sebagai instrumen efektivitas. Hasil penelitian pada tahap pendahuluan yang diperoleh dari analisis peserta didik, analisis sumber belajar, analisis potensi daerah dan analisis materi digunakan sebagai acuan pengembangan buku ajar edupark IPA. Hasil tahap perancangan buku ajar diperoleh buku ajar edupark ilmu pengetahuan alam (IPA) yang dirancang menggunakan model problem based learning. Hasil tahap pengembangan diperoleh buku ajar memenuhi kriteria sangat valid, sangat praktis, dan efektif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan buku ajar edupark ilmu pengetahuan alam (IPA) Janjang Siribu dan Gunung Merah Putih Sulit Air berbasis problem based learning valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 08 Oct 2021 01:49
Last Modified: 08 Oct 2021 01:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34410

Actions (login required)

View Item View Item