Struktur dan Diksi Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat

Nurhaliza, Fitri (2021) Struktur dan Diksi Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_FITRI_NURHALIZA_17016143_4145_2021.pdf

Download (677kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dua hal berikut. Pertama, mendeskripsikan struktur teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat. Kedua, mendeskripsikan penggunaan ketepatan diksi teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Latar penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 1 Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat, tepatnya dikelas X. Data penelitian ini berupa teks laporan hasil observasi, yang diperoleh dari sumber data penelitian yaitu dokumentasi hasil tugas siswa kelas X yang berjumlah dua puluh lima teks laporan hasil observasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah studi dokumentasi. Instrument penelitian ini adalah peneliti sendiri. Penganalisisan data disesuaikan dengan alur penganalisisan data kualitatif yaitu dengan cara redukasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan dua hal. Pertama, dalam menulis teks laporan hasil observasi, siswa kelas X SMA Negeri 1 Luhak Nan Duo hanya sebagian kecil yang menggunakan struktur teks laporan hasil observasi, yaitu definisi umum, deskripsi bagian dan deskripsi manfaat. Hal itu terbukti dari dua puluh lima teks laporan hasil observasi yang telah dianalisis, terdapat Sembilan belas teks laporan hasil observasi yang lengkap menggunakan struktur, yaitu definisi umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat. Sebanyak enam teks laporan hasil observasi yang tidak lengkap menggunakan struktur. Akan tetapi, masih ada beberapa definisi umum, deskripsi bagian dan deskripsi manfaat. yang ditulis tidak tepat. Kedua, jika dilihat dari ketepatan diksi, siswa kelas X SMA Negeri 1 Luhak Nan Duo sudah menguasai diksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Oct 2021 01:47
Last Modified: 08 Oct 2021 01:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34397

Actions (login required)

View Item View Item