Perbandingan Ekstraksi Kadar Aspal dengan Campuran Larutan Pertamax dan Pertalite (Studi Kasus: Jalan Raya Sei Lareh, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang).

Sastri, Frastian (2021) Perbandingan Ekstraksi Kadar Aspal dengan Campuran Larutan Pertamax dan Pertalite (Studi Kasus: Jalan Raya Sei Lareh, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_FRASTIAN_SASTRI_17323063_2658_2021.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

Pembangunan jalan di Kota Padang pada umumnya menggunakan konstruksi perkerasan lentur karena nilai kelenturannya dapat menyebabkan kendaraan yang melintas di atasnya terasa nyaman. Perkerasan lentur adalah perkerasan yang menggunakan campuran aspal pada lapis permukaan dan bahan berbutir pada lapisan bawah. Pada perkerasan jalan telah ditentukan bahwa batas toleransi kadar aspal adalah ± 0,3%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ekstraksi kadar aspal dengan menggunakan larutan pertalite dan pertamax, perbedaan antara kedua larutan serta mengetahui pengaruh nilai oktan terhadap ekstraksi kadar aspal. Dalam penelitian menggunakan metode sentrifugal (SNI 03-6894-2002) yang digunakan untuk analisis ekstraksi kadar aspal. Hasil penelitian ini diperoleh nilai rata-rata perbandingan ekstraksi kadar aspal antara larutan pertamax dan pertalite sebagai berikut: Kadar Aspal Pertamax(rata-rata) > Kadar Aspal Pertalite(rata-rata) dengan nilai 6,1% > 5,7%. Dimana nilai deviasi pertamax terhadap kadar aspal rencana sebesar 0,2% dan memenuhi batas toleransi spesifikasi Bina Marga 2010 serta pertalite sebesar 0,6% dan tidak memenuhi batas toleransi spesifikasi Bina Marga 2010. Hasil analisis saringan setelah ekstraksi rata-rata sampel dinyatakan bahwa sampel aspal yang digunakan termasuk agregat halus dan nilai gradasi agregat yang diperoleh tidak memenuhi spesifikasi Bina Marga 2010. Pada penelitian diperoleh rata-rata total penggunaan larutan pertamax dan pertalite sebesar 3,3 liter dengan rata-rata waktu pada larutan pertamax 41,7 menit dan larutan pertalite 48 menit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil dan Bangunan - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 08 Oct 2021 01:46
Last Modified: 08 Oct 2021 01:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34395

Actions (login required)

View Item View Item