Pengembangan Hisclopedia Kerajaan-Kerajaan Islam di Nusantara Sebagai Sumber Belajar Sejarah

Yeneti, Dian Yuli Susri (2021) Pengembangan Hisclopedia Kerajaan-Kerajaan Islam di Nusantara Sebagai Sumber Belajar Sejarah. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_DIAN_YULI_SUSRI_YENETI_16046049_1584_2021.pdf

Download (267kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh; 1) Belum adanya sumber belajar sejarah yang membantu siswa berpikir kronologis ; 2) kurangnya kemampuan berpikir kronologis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Hisclopedia Kerajaan-Kerajaan Islam di Nusatara sebagai sumber belajar sejarah untuk membantu peserta didik berpikir kronologis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau R&D (Research dan Development)dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari 5 tahap yakni: Analyze (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Penelitian ini hanya sampai tahap Development (Pengembangan). Pada tahap analisis (analyze) dilakukan analisis permasalahan dan mencari solusi terhadap permasalahan tersebut. Tahap esain (design)dilakukan perancangan produk, pengumpulan materi serta gambar yang relevan. Tahap pengembangan (development) dilakukan uji kelayakan oleh ahli. Uji kelayakan melibatkan 1 dosen ahli materi, dan 2 dosen sumber belajar. Data hasil penelitian dianalisis dengan Teknik analisis deskriptif kuantitatif Penelitian pengembangan ini menghasilkan sebuah produk dalam bentuk ensiklopedia yang diberi nama Hisclopedia Kerajaan-Kerajaan Islam di Nusantara sebagai sumber belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelayakan Hisclopedia Kerajaan-Kerajaan Islam di Nusantara berdasrkan penilaian dari ahli materi menyatakan Hisclopedia sangat layak digunakan dengan rerata 3,9 dengan kategori “sangat layak”, sedangkan kelayakan berdasarkan penilaian ahli sumber belajar diperoleh rerata 3,5 dengan kategori “sangat layak”, artinya Hisclopedia Kerajaan-Kerajaan Islam di Nusantara sebagai sumber belajar sangat layak digunakan dalam pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Oct 2021 01:45
Last Modified: 08 Oct 2021 01:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34387

Actions (login required)

View Item View Item