Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA 5 Bengkulu Utara

Putra, Berkah Adityo Szauli (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA 5 Bengkulu Utara. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_BERKAH_ADITYO_SZAULI PUTRA_16058071_3834_2021.pdf

Download (304kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan penggunaan media pembelajaran monopoli dalam pembelajaran sehingga mampu meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) model 4D, dengan empat langkah utama yang terdiri atas pendefinisian, perencanaan, pengembangan, dan penyebarluasan. Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas X IPS 4 SMA N 5 Bengkulu Utara. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi media, lembar validasi materi, angket respon/praktikalitas siswa atas media pembelajaran monopoli dan soal pree-test dan post-test siswa. Data dari pelaksaaan pembelajaran ini dianalisis menggunakan pedoman kriteria penelitian dalam bentuk presentase. Sedangkan data pre-test dan post-test dianalisa menggunakan T-hitung & dari T-tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran monopoli layak digunakansebagaimedia pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan peserta didik pada mata pelajaran Sosiologi dengan perbandingan T-Hitung >T-Tabel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Oct 2021 01:45
Last Modified: 08 Oct 2021 01:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34384

Actions (login required)

View Item View Item