Analisis Aliran Gas Buang Mekanisme Exhaust Energy Harvester Electric Turbo Compounding (ETC).

Hardi, Farid Maulana (2021) Analisis Aliran Gas Buang Mekanisme Exhaust Energy Harvester Electric Turbo Compounding (ETC). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_9_FARID_MAULANA_HARDI_16073036_606_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Electric turbo compounding, adalah mekanisme recovery energy yang memanfaatkan aliran gas buang untuk menghasilkan energi listrik dengan cara memasangkan turbocharger yang telah dimodifikasi dengan generator putaran tinggi. Energi yang dihasilkan dari sistem ini dapat disimpan dalam baterai, ataupun untuk memenuhi suplay kebutuhan kelistrikan pada kendaraan ketrika sedang beroperasi. Pemasangan ETC pada sistem pembuangan dapat mempengaruhi aliran gas buang karena aliran gas buang tertahan sementara di turbin ETC penelitian ini membahas bagaimana pengaruh penggunaan mekanisme ETC terhadap kendaraan. Penelitian dilakukan dengan metode simulasi menggunakan aplikasi Solidwork. Penelitian dilakukan dalam beberapa tahap yaitu: mengumpulkan data ukuran muffler kendaraan, melakukan modelling alat sesuali dengan data, melakukan simulasi aliran dan melakukan analis. Temperature gas buang yang akan memasuki exhaust manifold diatur 15000K, tekanan gas buang yang memasuki exhaust manifold diatur 200 KPa. Pada sistem yang tidak memakai mekanisme ETC diperoleh tekanan sebesar 250921.78pa sedangkan untuk sistem yang memakai mekanisme ETC di peroleh tekanan sebesar 309093.83pa peningkatan tekanan pada exhaust manifold terjadi sebanyak 27.6%. sedangkan untuk temperature yang awalnya 13980K meningkat menjadi 1441.46, terjadi peningkatan sebanyak 3.1%. , Pemasangan mekanisme ETC pada kandaraan dapat menyebankan peningkatan temperature dan peningkatan tekanan di dalam exhaust manifold yang mengakibatkan terjadinya peningkatan suhu mesin. Peningkatan temperature dan tekanan terjadi ini terjadi karena setelah gas buang keluar dari exhaust manifold masuk ke mekanisme ETC, gas buang melewati turbin terlebih dahulu, didalam mekanisme ETC terjadi penumpukan gas buang sementara sebelum keluara karena terhambat oleh turbin, penumpukan tersebut menyebabkan terjadinya peningkatan tekanan gas buang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 08 Oct 2021 01:44
Last Modified: 08 Oct 2021 01:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34381

Actions (login required)

View Item View Item