Regenerasi Pemain Musik Kecapi dalam Kesenian Gamad di Sanggar Seni Gamad Desa Ujung Padang Kecamatan Kota Mukomuko

Wulanda, Fitri Yulia Eka (2021) Regenerasi Pemain Musik Kecapi dalam Kesenian Gamad di Sanggar Seni Gamad Desa Ujung Padang Kecamatan Kota Mukomuko. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_FITRI_YULIA_EKA_WULANDA_17023105_3056_2021.pdf

Download (513kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menemukan dan mendeskripsikan bentuk Regenerasi pemain musik kecapi yang dilakukan di Sanggar Gamad Desa Ujung Padang Kecamatan Kota Mukomuko. Jenis penelitian ini adalah deskriptifkualitatiflnstrument utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrument pendukung seperti alat tulis dan kamera.Jenis data menggunakan data primer. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Regenerasi pemain musik kecapi di Sanggar Seni Gamad Desa Ujung Padang Kecamatan Kota Mukomuko di lakukan secara terbuka. Regenerasi secara terbuka dilakukan dengan cara mengajarkan musik kecapi kepada anggota keluarga, masyarakat dan anggota sanggar. Musik kecapi adalah alat musik pengiring utama Kesenian Gamad Mukomuko. Kesenian Gamad dikemas dalam paket kesenian yang didalamnya terdapat seni tari, drama, musik yang ditampilkan pada waktu semalam suntuk. Tujuan akhir dari sebuah proses latihan musik kecapi di Sanggar Gamad Desa Ujung Padang ini adalah untuk melahirkan generasi baru yang mahir dalam memainkan alat musik kecapi. Dengan standar bisa memainkan alat musik kecapi beserta semua syair syair pantun yang terdapat dalam kesenian Gamad Mukomuko.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Oct 2021 01:44
Last Modified: 08 Oct 2021 01:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34378

Actions (login required)

View Item View Item