Pengembangan Bahan Ajar Membaca Berbasis PQ4R untuk Kelas V Sekolah Dasar

Antoni, Roza Sepri (2021) Pengembangan Bahan Ajar Membaca Berbasis PQ4R untuk Kelas V Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ROZA_SEPRI_ANTONI_1303929_2262_2021.pdf

Download (604kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan yang ditemukan pada pembelajaran bahasa Indonesia khususnya membaca di Sekolah Dasar yaitu kurangnya pemahaman peserta didik terhadap isi bacaan. Ketika diamati lebih lanjut, guru belum menggunakan bahan ajar dalam pembelajaran membaca. Guru mengandalkan buku teks tanpa menganalisis apakah buku tersebut sesuai dengan Kompetensi Dasar yang terdapat dalam kurikulum. Kemudian, proses pembelajaran membaca belum melalui tahapan membaca yaitu prabaca, saatbaca, dan pasca baca. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu dikembangkan bahan ajar membaca berbasis PQ4R yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan model 4-D terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), penyebaran (disseminate). Data penelitian uji validitas diperoleh melalui lembar validasi bahan ajar membaca. Data kepraktisan bahan ajar membaca dikumpulkan melalui lembar observasi keterlaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, angket respons guru dan angket respons peserta didik. Keefektifan bahan ajar membaca dilihat dari aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Hasil uji validitas bahan ajar membaca memperoleh rata-rata 3,90 dengan kategori sangat valid. Hasil observasi keterlaksanaan RPP memperoleh persentase 93,33% kategori sangat praktis. Angket respon guru memperoleh persentase 87,50% kategori sangat praktis. Angket respon peserta didik memperoleh persentase 89, 90% kategori sangat praktis. Pada tahap efektifitas, hasil penilaian ketrampilan membaca berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahan ajar membaca berbasis PQ4R untuk kelas V Sekolah Dasar yang dikembangkan dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 07 Oct 2021 01:43
Last Modified: 07 Oct 2021 01:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34366

Actions (login required)

View Item View Item