Pengembangan Media Pembelajaran Komputer Berbasis Flipped Classroom pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Sakti, Rizki Hardian (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Komputer Berbasis Flipped Classroom pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_RIZKI_HARDIAN_SAKTI_19138043_1620_2021.pdf

Download (665kB) | Preview

Abstract

Pelaksaan pembelajaran Komputer dan Jaringan Dasar belum optimal. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif yang dapat memotivasi siswa untuk belajar. Siswa pada era digital revolusi industri 4.0 dibesarkan pada teknologi media baru yang kurang sabar jika hanya mengisi lembar kerja dan mendengarkan ceramah saja. Flipped classroom merupakan salah satu solusi yang relevan dan banyak digunakan pada era digitalisasi saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis flipped classroom pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research and development), dengan model pengembangan 4-D (Four-D), yang terdiri atas empat tahap utama, yaitu pendefinisian (define), perencanaan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 5 Padang semester ganjil 2020-2021. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa desain media dan materi telah valid dari segi aspek didaktik, konstruksi dan teknis serta dari segi kualitas isi, pembelajaran, interaksi dan tampilan. Media pembelajaran berbasis flipped classroom ini juga termasuk kategori sangat praktis berdasarkan respon guru dan siswa dari aspek kemudahan, efektivitas waktu dan penggunaan serta dari aspek waktu, kemudahan dan daya guna media berdasarkan respon siswa. Beradasarkan penilaian hasil belajar siswa dari pretest dan posttest, didapatkan bahwa lebih dari 85% siswa mencapai nilai (KKM) yang ditetapkan, hal ini menjelaskan bahwa media pembelajaran berbasis flipped classroom efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini, praktis dan efektif untuk diterapkan didalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 07 Oct 2021 01:43
Last Modified: 07 Oct 2021 01:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34364

Actions (login required)

View Item View Item