Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Google Classroom untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Siswa Kelas V

Fortuna, Retno Aulia (2021) Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Google Classroom untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Siswa Kelas V. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_RETNO_AULIA_FORTUNA_19124030_3017_2021.pdf

Download (722kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa dan pembelajaran yang dilakukan secara daring dimana media yang digunakan belum mampu memfasilitasi siswa dalam proses pembelajaran sehingga kurang membimbing siswa dalam memahami materi pada pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran sains tematik berbasis masalah berbantuan google classroom untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahap yaitu anlysis, design, development, implementation,dan evaluation. Media yang dikembangkan berupa modul pembelajaran sains tematik berbasis masalah berbantuan google classroom untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas V. Media yang dikembangkan diujicobakan di kelas V SD Negeri 23 Lubuk Jantan, Kabupaten Tanah Datar yang berjumlah 21 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan angket, tes, lembar pengamatan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil uji validitas modul yaitu 3,75 dengan kategori sangat valid, uji validitas RPP memperoleh nilai 3,84 dengan kategori sangat valid. (2) Kepraktisan modul dianalisis melalui implementasi dalam pembelajaran yang dinilai oleh guru dan siswa. Hasil praktikalitas guru yaitu 88% dengan kategori sangat praktis dan siswa yaitu 89% dengan kategori sangat praktis. (3) Efektivitas modul yang digunakan dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa didapatkan nilai N-gain 0,87 dikategori “Tinggi”. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul pembelajaran sains tematik berbasis masalah berbantuan google classroom untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas V SD yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 06 Oct 2021 07:07
Last Modified: 06 Oct 2021 07:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34357

Actions (login required)

View Item View Item