Pengembangan E-Modul Stoikiometri Berbasis Inkuiri Terstruktur dengan Penekanan pada Interkoneksi Tiga Level Representasi Kimia untuk Meningkatkan Model Mental Siswa

Ranny, Ranny (2021) Pengembangan E-Modul Stoikiometri Berbasis Inkuiri Terstruktur dengan Penekanan pada Interkoneksi Tiga Level Representasi Kimia untuk Meningkatkan Model Mental Siswa. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_RANNY_18176009_3515_2021.pdf

Download (529kB) | Preview

Abstract

Materi stoikiometri merupakan konsep yang abstrak dan saling berkaitan sehingga membuat siswa mengalami kesulitan dalam mempelajarinya. Salah satu bahan ajar yang dapat membantu dalam proses pembelajaran adalah e-modul. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul stoikiometri berbasis inkuiri terstruktur yang valid, praktis dan efektiv. Metode penelitian ini adalah Researh and development (R&D) dan model pengembangan Plomp. Subjek penelitian terdiri dari 120 siswa dan 2 orang guru kimia yang berasal dari Sekolah Menengah di Kota Padang. Instrument penelitian yang digunakan yaitu angket validitas, praktikalitas dan soal tes. E-modul divalidasi oleh 5 orang validator. Hasil analisis menunjukkan e-modul memiliki tingkat validitas sangat tinggi (v = 0,86) dan praktikalitas sangat tinggi (v = 0,89) berdasarkan respon guru dan tinggi (v = 0,77) berdasarkan angket respon siswa. Hasil Uji-t terhadap hipotesis hasil belajar pada 2 sekolah nilai signifikansinya sebesar .030 dan .005 dan model mental siswa pada 2 sekolah nilai signifikansinya sebesar .011 dan .000 dimana nilai kecil dari 0,05 menunjukkan hasil belajar dan model mental siswa meningkat secara signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-modul stoikiometri berbasis inkuiri terstruktur yang dikembangkan memiliki validitas dan praktikalitas sangat tinggi serta efektif digunakan dalam proses pembelajaran kimia di SMA.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 06 Oct 2021 04:00
Last Modified: 06 Oct 2021 04:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34354

Actions (login required)

View Item View Item