Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievements Divisions (STAD) dan Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS SMA N 1 Gunung Talang

Malvy, Veryola (2020) Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievements Divisions (STAD) dan Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS SMA N 1 Gunung Talang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_02_VERYOLA_MALVY_1436_15046116_2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilarbelakangi oleh temuan awal peneliti terkait rendahnya hasil belajar siswa dan adanya miskonsepsi sebagai salah satu kekurangan dari model pembelajaran Discovery Learning yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS di SMA N 1 Gunung Talang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat model pembelajaran manakah yang lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa siswa pada materi pemahaman konsep dalam mata pelajaran sejarah di SMA N 1 Gunung Talang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan post-test-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPAS SMA N 1 Gunung Talang, sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 sebagai kelas STAD dan kelas XI IPS 4 sebagai kelas CRH yang diambil melalui usulan guru mata pelajaran sejarah. Pengambilan data dilakukan dengan cara uji coba post-test dengan menggunakan perangkat soal objektif sebanyak 13 butir soal. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji-t). Berdasarkan hasil penelitian diperleh nilai rata-rata kelas STAD yang menerapkan pembelajaran dengan model pembelajaran Student TeamsAchievements Divisions (STAD) adalah 78,96 dengan standar deviasi 13,88 dan rata-rata kelas CRH yang menggunakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) adalah 70,52 dengan standar deviasi 16,68. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t (t-test) pada taraf nyata α = 0,05 diperoleh thitung 2,19 dan ttabel = 2,00 sehingga thitung ≥ ttabel maka hipotesis Ha pada penelitian ini diterima dan H0 ditolak. Sedangkan dalam materi pemahaman konsep rata-rata kelas CRH lebih tinggi yaitu 5,35 dengan standar deviasi 1,51 dibandingkan kelas STAD yaitu 5,23 dengan standar deviasi 1,22. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Teams-Achievements Divisions (STAD) dan Course Review Horay (CRH) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA N 1 Gunung Talang tahun ajaran 2019/2020

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 06 Oct 2021 03:59
Last Modified: 06 Oct 2021 03:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34338

Actions (login required)

View Item View Item