Kegiatan Diskusi Pada Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Bukittinggi

Haristi, Mutia (2020) Kegiatan Diskusi Pada Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Bukittinggi. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
A_02_MUTIA_HARISTI_1415_15046062_2020.pdf

Download (320kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi karena dengan berlakunya kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik, dimana peranan peserta didik sangat menentukan. Meskipun banyak alternatif dalam pemilihan penggunaan metode dalam suatu model pembelajaran, namun berdasarkan RPP salah satu metode yang kebanyakan dilaksanakan oleh guru adalah diskusi. Meskipun seringnya dilakukan kegiatan diskusi pada mata pelajaran sejarah, namun masih ada beberapa langkah-langkah diskusi yang belum sesuai dengan langkah-langkah diskusi secara teoritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam keterlaksanaan kegiatan diskusi secara maksimal pada pendekatan saintifik dalam pembelajaran sejarah baik dilihat dari segi kuantitas maupun kualitas. Penelitian ini menggunakan metode evaluatif dengan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik di SMA Negeri 3 Bukittinggi kelas XI IPS 1, XI IPS 2, dan XI IPS 3. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara pengamatan dan wawancara. Pengolahan data menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwasannya kegiatan diskusipada umumnya sudah dilaksanakan guru dengan baik, hanya saja ada beberapa hal yang belum ideal, diantaranya: 1) guru tidak selalu menyampaikan tujuan pembelajaran. 2) guru hanya menggunakan satu jenis diskusi. 3) peserta didik tidak ada yang mengeluarkan pendapat dan gagasan mereka. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya faktor kelupaan, waktu, dan metode pembelajaran yang kurang bervariasi. 4) peserta didik tidak ada mengamati apa yang disampaikan oleh guru dan yang disampaikan temannya. Hal ini disebabkan oleh faktor bosan dan faktor waktu yang membuat peserta didik tidak semangat belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 06 Oct 2021 03:58
Last Modified: 06 Oct 2021 03:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34330

Actions (login required)

View Item View Item