Alfonis, Winaldi (2021) Pengembangan Modul Project-Based Learning dalam Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin di Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_07_WINALDI_ALFONIS_16067105_386_2021.pdf Download (341kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan modul pembelajaran Pekerjaan DasarTeknik Mesin berbasis Project Based Learning yang Valid, Praktis dan Efektif digunakan di Jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 5 Padang. Model Project Based Learning memberikan kesempatan kepada siswa untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan meningkatkan kompetensi pengetahuan, keterampilan, sikap dan produktifitas. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan 4-D Four D-Model yang terdiri atas empat fase utama dalam Define, Design, Develop, dan Disseminate. Data uji validitas, praktikalitas dan evektifitas di peroleh dari 3 orang Validator, 2 orang Guru dan 60 orang siswa yang dibagi dua menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil validasi modul dinyatakan valid oleh ahli dengan nilai 0,87, Hasil Praktikalitas modul berdasarkan respon Guru dan Siswa dinyatakan sangat praktis dengan nilai 83,95% dan evektifitas modul pembelajaran dinyatakan efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai 87,41. Berdasarkan temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran ini valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses belajar mengajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > GT Technology (general) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli |
Date Deposited: | 06 Oct 2021 01:45 |
Last Modified: | 06 Oct 2021 01:45 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34317 |
Actions (login required)
View Item |