Pengembangan LKPD Interaktif Model IBL melalui Pendekatan Keterampilan Proses Terintegrasi Literasi Saintifik Abad 21 untuk Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika Kelas X

Widestra, Rahmi Agustia (2021) Pengembangan LKPD Interaktif Model IBL melalui Pendekatan Keterampilan Proses Terintegrasi Literasi Saintifik Abad 21 untuk Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika Kelas X. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_RAHMI_AGUSTIA_WIDESTRA_18175027_1812_2021.pdf

Download (718kB) | Preview

Abstract

Peserta ddik dalam proses pembelajaran masih belum optimal dan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu faktor penyebabnya adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang tersedia masih berupa cetak dan belum memuat langkah-langkah model dan pendekatan pembelajaran yang mengarah pada kegiatan peserta didik. Selain itu kemampuan peserta didik dalam memahami konsep, konteks dan konten sains masih belum diterapkan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD interaktif model IBL melalui pendekatan keterampilan proses keterampilan proses terintegrasi literasi saintifik pada pembelajaran fisika kelas XI dengan kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE dengan terdiridaritahap analysis, design, development, implementation, evaluation. Instrumen penelitian meliputi angket studi pendahuluan, angket validitas, angket praktikalitas, lembar observasi sikap, tes tertulis, dan lembar penilaian keterampilan. Teknik analisis data untuk validitas menggunakan rumus Aiken’s V, untuk praktikalitas dan efektivitas menggunakan deskriptif persentase. Hasil tahap analysis menunjukkan perlunya pengembangan LKPD interaktif Hasil development menunjukkan LKPD berada pada kriteria valid dengan nilai 0,87; nilai kepraktisan sangat tinggi berdasarkan respon peserta didik dan guru dengan nilai rata-rata masing-masing 84,76% dan 96,45%. Hasil implementation memperlihatkan pencapaian kompetensi pengetahuan peserta didik adalah 81,00%; pencapaian kompetensi sikap dan keterampilan adalah sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD interaktif model IBL melalui pendekatan keterampilan proses terintegrasi literasi saintifik untuk pembelajaran Fisika SMA kelas XI memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Oct 2021 08:12
Last Modified: 05 Oct 2021 08:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34315

Actions (login required)

View Item View Item