Rancang Bangun Aplikasi Administrasi Perjalanan Dinas Berbasis Web: Studi Kasus Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah X

Wulandari, Widia (2021) Rancang Bangun Aplikasi Administrasi Perjalanan Dinas Berbasis Web: Studi Kasus Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah X. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_WIDIA_WULANDARI_16076097_1683_2021.pdf

Download (260kB) | Preview

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini terus maju dan memberikan kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan baik kepada individu maupun perusahaan. Hal ini dapat dilihat dari berbagai perubahan yang pesat di berbagai segi kehidupan, salah satunya adalah pemanfaatan kemajuan teknologi komputer yang mana pada masa sekarang maupun masa yang akan datang. Salah satu contoh pemanfaatan teknologi pada masa sekarang ialah dengan adanya Sistem Informasi pada suatu instansi atau perusahaan. Proses pembuatan suratperintah perjalanan dinas (SPPD) di LLDIKTI Wilayah X masih dilakukan secara manual, sehingga peserta perjalanan dinas harus mengisi data formulir terlebih dahulu. Pembuatan SPPD dengan cara tersebut sering menimbulkan permasalahan, seperti kesalahan pada penulisan data pegawai serta waktu yang dibutuhkan dalam proses pembuatan SPPD menjadi lebih lama. Selain itu, pada proses perincian biaya masih sering terjadi kesalahan perhitungan sehingga pembuatan surat menjadi berulang-ulang serta proses perekapan data yang kurang efektif dikarenakan harus membuka satu persatu berkas perjalanan dinas yang telah selesai. Berdasarkan permasalahan tersebut, solusi yang diberikan yaitu Perancangan Aplikasi Administrasi Perjalanan Dinas berbasis Web denganmenggunakan bahasa pemrograman PHP serta Framework CodeIgniter yang bertujuan untuk memudahkan proses pembuatan SPPD. Aplikasi yang dirancang memiliki beberapa fitur, yaitu menu pembuatan SPPD yang dilakukan secara otomatis, menu perincian biaya dinas dengan perhitungan otomatis serta pengarsipan data yang tersistematis di dalam database. Metode pengembangan sistem yang digunakan pada perancangan ini adalah Metode Waterfall. Berdasarkan hasil dari pengujian dengan menggunakan metode Black Box Testing, maka aplikasi ini layak dan dapat digunakan untuk pembuatan suratperjalanan dinas yang terkomputerisasi sehingga proses pembuatan surat menjadi lebih efisien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektronika - D3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Oct 2021 08:12
Last Modified: 05 Oct 2021 08:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34314

Actions (login required)

View Item View Item