Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dan Flow Akademik terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV di Sekolah Dasar

Degita, Prissillia (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dan Flow Akademik terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV di Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_PRISSILLIA_DEGITA_16124058_1317_2021.pdf

Download (579kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa mengalami kesulitan dalam memecahkam masalah yang terdapat pada mata pelajaran tematik terpadu, sehingga berdampak terhadap hasil belajar siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan flow akademik terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu kelas IV Di Sekolah Dasar. Jenis penelitian adalah Quasi Eksperimen design. Populasinya adalah siswa kelas IV UPT SDN 06 Anakan, kecamatan Batang Kapas, kabupaten Pesisir Selatan tahun pelajaran 2020/2021. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster Sampling. Kelas IV A dipilih sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 22 orang dan kelas IV B di pilih sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 22 orang siswa. Teknik analisa data yang digunakan yaitu uji t dan korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan metode konvensional dalam mata pelajaran tematik terpadu . (2) Terdapat perbedaan flow akademik dalam pembelajaran tematik diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional di kelas IV SD. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara flow akademik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan hasil belajar di kelas IV SD. (4) Terdapat hubungan yang signifikan antara flow akademik menggunakan model pembelajaran konvensional dengan hasil belajar di kelas IV SD. (5) tidak terdapat interaksi yang signifikan antara metode pembelajaran dan flow akademik terhadap hasil belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Oct 2021 08:12
Last Modified: 05 Oct 2021 08:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34313

Actions (login required)

View Item View Item