Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik

Peprizal, Peprizal (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_PEPRIZAL_18138020_14_2021.pdf

Download (724kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran yang diterapakan pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik di SMK Negeri 1 Koto Balingka yaitu media belajar konvensional dengan menggunakan metode ceramah, serta media yang digunakan masih sederhana dan belum bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Web pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik di SMK Negeri 1 Koto Balingka dan layak digunakan dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Model ADDIE meliputi 5 tahap: (1) analysis: analisis kebutuhan, (2) design: pembuatan rancangan produk, (3) develop: pengembangan produk, (4) implementation: implementasi produk, (5) evaluation: evaluasi produk. Subjek penelitian merupakan peserta didik kelas XI Jurusan Teknik Elektro pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik di SMK Negeri 1 Koto Balingka. Teknik analisis instrument yang digunakan adalah teknik analisis validitas butir soal, indeks kesukaran soal, daya beda soal, keberfungsian distraktor, reliabilitas. Teknik analisis produk yang digunakan adalah analisis validitas, praktikalitas, dan efektivitas media pembelajaran berbasis Web. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan media pembelajaran berbasis Web dari hasil uji ahli media dengan persentase 92,50% dikategorikan valid. Hasil uji ahli materi diperoleh persentase 94,79% dikategorikan valid. Hasil uji angket praktikalitas guru diperoleh persentase 89,78% dikategorikan sangat praktis. Hasil uji angket praktikalitas siswa diperoleh persentase 89,94% dikategorikan sangat praktis. Ketuntasan klasikal kelas eksperimen 86,67%. Ketuntasan klasikal kelas kontrol 42,86%. Hasil gain score kelas eksperimen diperoleh 0,55 dengan kategori sedang. Hasil gain score kelas kontrol diperoleh 0,22 dengan kategori rendah. Dari hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Web dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk digunakan oleh guru dan siswa sebagai media belajar pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 05 Oct 2021 07:16
Last Modified: 05 Oct 2021 07:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34309

Actions (login required)

View Item View Item