Penggunaan Aplikasi Google Form dalam Pembelajaran Seni Budaya (Tari) di Kelas VIII 1 SMP Negeri 1 Ulakan Tapakis Kab. Padang Pariaman

Saputra, Trismon (2021) Penggunaan Aplikasi Google Form dalam Pembelajaran Seni Budaya (Tari) di Kelas VIII 1 SMP Negeri 1 Ulakan Tapakis Kab. Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_TRISMON_SAPUTRA_17023076_3006_2021.pdf

Download (905kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penggunaan aplikasi google form pada pembelajaran seni budata (tari) di kelas VIII 1 di SMP Negeri 1 Ulakan Tapakis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, instrumen utama dalam penelitian ini adalah penelitian sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung seperti smartphone, email, foto, dan wawancara dengan cara daring melalui aplikasi google form. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. LangkahOlangkah untuk menganalisis data adalah mengidentifikasi setiap tema, menyesuaikan dan membandingkan datan dan mendeskripsikan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi melalui goggle form pada pembelajaran seni budaya (tari) di kelas VIII 1 di SMP Negeri 1 Ulakan Tapakis Kab. Padang Pariaman mempunyai dampak negatif dan dampak positif bagi guru maupun bagi siswa. Dampak positif bagi guru yaitu guru lebih mudah untuk mengirimkan materi kepada siswa melalui link kepada siswa serta informasi kepada siswa, guru tinggal menuggu hasil nilai tugas yang dikerjakan oleh siswa, guru tidak perlu memeriksa hasil latihan dan soal ujian lembar jawaban siswa secara manual,guru lebih mudah untuk mengetahui data kehadiran dan absesnsi siswa, serta penilaian dalam tugas belajar, ulangan harian. Menyebarkan informasi kepada siswa, bertanggung jawab terhadap tugas, guru berperan sebagai motivator. Dampak negatif bagi guru yaitu guru tidak bisa menyampaikan materi secara tatap muka, materi belum tersaji, guru sulit dalam memantau aktivitas siswa, fasilitas terbatas, kesehatan terganggu, dan proses pembelajaran menjadi kurang efektif dan efisien. Dampak positifbagi siswa yaitu siswa tinggal menunggu materi yang diberikan oleh guru serta soal latihan dan soal ulangan untuk dikerjakan oleh siswa, siswa bisa mengetahui benar atau salah dalam pengisian jawaban meengerjakan soal latihan, ulangan harian yang diberikan oleh guru, bertanggung jawab dengan tugas yang diberikan oleh guru, disiplin dengan kehadiran, dan keantusiasan siswa dalam belajar. Dampak negatif bagi siswa yaitu siswa sering menunda dalam mnegerjakan tugas, dalam pengiriman video ukuran terlalu besar, jadi siswa tidak bisa menginput, pembatasan E-mail terdahulu baru bia dikirim. kesulitan dalam memahami materi yang diberikan oleh guru, biaya pengeluaran orang tua menjadi bertambah, sulit fokus dalam berlajar, lupa akan waktu, mengganggu kosentrasi belajar, dan mengancam kesehatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Oct 2021 03:03
Last Modified: 05 Oct 2021 03:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34293

Actions (login required)

View Item View Item