Pengaruh Teknik Collaborative Strategic Reading (CSR) terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Ranah Pesisir

Refona, Viola Diera (2021) Pengaruh Teknik Collaborative Strategic Reading (CSR) terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Ranah Pesisir. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_VIOLA_DIERA_REFONA_17016188_4204_2021.pdf

Download (893kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman sebelum menggunakan teknik Collaborative Strategic Reading (CSR) terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ranah Pesisir. Kedua, mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman sesudah menggunakan teknik Collaborative Strategic Reading (CSR) terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ranah Pesisir. Ketiga, menganalisis pengaruh teknik Collaborative Strategic Reading (CSR) terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ranah Pesisir. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah one group pretest and posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ranah Pesisir yang terdaftar tahun pelajaran 2020/2021 sebanyak 307 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 35 orang siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah kemampuan membaca pemahaman sebelum dan sesudah menggunakan teknik Collaborative Strategic Reading siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ranah Pesisir. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes objektif, yaitu tes kemampuan membaca pemahaman teks cerpen sebelum dan sesudah menggunakan Collaborative Strategic Reading. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, kemampuan membaca pemahaman siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ranah Pesisir sebelum menggunakan teknik Collaborative Strategic Reading berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 68,17. Kedua, kemampuan membaca pemahaman siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ranah Pesisir sesudah menggunakan teknik Collaborative Strategic Reading berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 83,37. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis altematif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = n- 1 karena thitung>ttabeI, yaitu 6, 1 O> 1,68. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik Collaborative Strategic Reading berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ranah Pesisir. Oleh karena itu, teknik ini dapat dijadikan sebagai salah satu altematif teknik pembelajaran kemampuan membaca pemahaman di tingkat SLTA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 05 Oct 2021 03:03
Last Modified: 05 Oct 2021 03:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34292

Actions (login required)

View Item View Item