Penerapan Model Contextual Teaching and Learning dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kompetensi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri 22 Kuranji Kota Padang

Afni, Nur (2021) Penerapan Model Contextual Teaching and Learning dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kompetensi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri 22 Kuranji Kota Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_NUR_AFNI_1103960_1617_2021.pdf

Download (641kB) | Preview

Abstract

Pelajaran IPA di SDN 22 Kuranji masih didominasi oleh guru. Hal ini menyebabkan rendahnya kompetensi belajar IPA peserta didik. Salah satu cara untuk meningkatkan kompetensi belajar peserta didik adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang dapat teraplikasi dengan baik. Model pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan pendekatan saintifik. Penggunaan model pembelajaran ini diharapkan mampu meningkatkan kompetensi belajar IPA peserta didik serta pemahaman konsep sains dan penerapan sains dilingkungan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk melihat penerapan model Contextual Teaching and Learning dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan kompetensi belajar IPA peserta didik di SDN 22 Kuranji. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV.A SDN 22 Kuranji Padang Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrumen penelitian ini adalah hasil evaluasi pengetahuan, lembar observasi sikap dan lembar penilaian keterampilan peserta didik. Data hasil penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Contextual Teaching and Learning dengan pendekatan saintifik pada kompetensi ranah pengetahuan untuk pra siklus adalah 64,91%, siklus I adalah 74,60% dan siklus II adalah 83,25%. Hasil pengamatan kompetensi ranah sikap untuk pra siklus adalah 55,80%, siklus I adalah 71,20% dan siklus II adalah 75,30% dan hasil pengamatan kompetensi ranah keterampilan pra siklus adalah 40.80%, siklus I adalah 70,00% dan siklus II adalah 76,20%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IV.A SDN 22 Kuranji Padang melalui penerapan model pembelajran Contextual Teaching and Learning dengan pendekatan saintifik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 04 Oct 2021 08:11
Last Modified: 04 Oct 2021 08:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34281

Actions (login required)

View Item View Item