Pengaruh Komunikasi Interpersonal terhadap Pelaksanaan Praktik Lapangan Industri Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan UNP.

Nugraha, Aldo Revo (2021) Pengaruh Komunikasi Interpersonal terhadap Pelaksanaan Praktik Lapangan Industri Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ALDO_REVO_NUGRAHA_16061007_1160_2021.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan yang belum mampu menerapkan cara berkomunikasi yang baik sehingga mengalami kesulitan pada saat melaksanakan Praktik Lapangan Industri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal terhadap pelaksanaan Praktik Lapangan Industri mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan UNP. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Padang Angkatan 2016 yang sudah melaksanakan PLI, berjumlah 72 mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Total Sampling sehingga seluruh anggota populasi juga menjadi sampel penelitian. Namun karena peneliti juga merupakan bagian populasi dan tidak boleh menjadi sampel untuk menghindari bias, maka jumlah sampel menjadi 71 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Angkatan 2016. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang menggunakan skala Likert dan disebarkan kepada responden secara daring. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis korelasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara komunikasi interpersonal dengan pelaksanaan Praktik Lapangan Industri mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2016. Komunikasi interpersonal memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap pelaksanaan Praktik Lapangan Industri. Besarnya pengaruh komunikasi interpersonal terhadap pelaksanaan Praktik Lapangan Industri adalah 63,52%, sedangkan sisanya 36,48% dipengaruhi faktor-faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 04 Oct 2021 01:44
Last Modified: 04 Oct 2021 01:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34274

Actions (login required)

View Item View Item