Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi Dan Komunikasi Siswa Kelas XII SMAN 1 X Koto Singkarak

Novidianti, Novidianti (2021) Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi Dan Komunikasi Siswa Kelas XII SMAN 1 X Koto Singkarak. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_NOVIDIANTI_1200067_3865_2021.pdf

Download (591kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan strategi belajar tutor sebaya dan motivasi terhadap hasil belajar Teknologi Informasi Dan Komunikasi siswa kelas XII SMAN 1 X Koto Singkarak. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk melihat interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah desain faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPA SMAN 1 X Koto Singkarak tahun pelajaran 2014 /2015 yang berjumlah 123 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik cluster sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup untuk mengukur variabel motivasi belajar dan tes objektif untuk mengukur hasil belajar. Uji hipotesis menggunakan analisis komparasi dua kelompok data. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar TIK siswa yang diajar menggunakan metode tutor sebaya lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan metode ceramah. Perbedaan hasil belajar antara siswa terlihat dari nilai rata-rata hasil belajar kedua kelas. Hasil belajar TIK siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki motivasi rendah. Perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah terlihat dari nilai rata-rata hasil belajar kedua kelompok. Pada kelompok siswa dengan motivasi belajar tinggi mendapat nilai rata–rata hasil belajar lebih tinggi dibanding kelompok siswa dengan motivasi belajar rendah. Tidak terdapat interaksi antara metode mengajar dengan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belaja

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 04 Oct 2021 01:44
Last Modified: 04 Oct 2021 01:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34271

Actions (login required)

View Item View Item