Analisis Optimasi Produktivitas Alat Gali Muat (excavator) dan Alat Angkut (Dump Truck) pada Pengangkutan Andesit untuk Mengoptimalkan Produksi di PT Koto Alam Sejahtera.

Zikry, Afdal (2021) Analisis Optimasi Produktivitas Alat Gali Muat (excavator) dan Alat Angkut (Dump Truck) pada Pengangkutan Andesit untuk Mengoptimalkan Produksi di PT Koto Alam Sejahtera. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_12_AFDAL_ZIKRY_1106898_701_2021.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

PT Koto Alam Sejahtera merupakan perusahaan tambang swasta yang bergerak dalam bidang usaha penambangan batuan andesit di Koto Alam Kabupaten Lima Puluh Kota.Dalam kegiatanpenambanganandesit, PT. Koto Alam Sejahtera menggunakan rangkaian kerja alat gali-muat (excavator)dan alat angkut (dump truck) untuk memindahkan material dari loading point ke waste dump. Dalam proses pengangkutan batu andesit menuju crusher terjadi antrian dump truk dan waktu stand by yang lama pada dump truck, hal ini dapat menyebabkan produktivitas alat menjadi kecil sehingga target produksi batu Andesitsebesar 80.000 ton/bulan tidak tercapai. Hal inidisebabkanolehwaktukerjaalat-alatmekanis yang tidakefisien. Tidak tercapainya target produksi ini karena faktor kombinasi alat angkut (Mitsubishi Fuso 220 PS) dan alat muat (Hitachi ZX-350) yang tidak sesuaisehingga menyebabkan terjadinya antrian atau waktu tunggu alat angkut.Salah satu cara agar tercapainya target produksi diperlukan menajemen fleet yang sesuai. Badasarkan penelitan yang telah dilakukan pada bulan oktober 2019 yang mana produktivitas excavator Hitachi ZX-350 sebesar 334,9378 ton/jam dan produktivitas dump truckMitsubishi Fuso 220 PS sebesar 78,1024 ton/jam. Komposisi alat yang digunakan adalah 1 unit excavator melayani 5 unit dump truck menyebabkan faktor kombinasi alat angkut dan alat muat tidak sesuai. Untuk mengatasi waktu antrian yang lama maka dilakukan perbaikan komposisi alat MF=1. Setingan fleet bedasarkan metode antrian yaitu 1 unit alat gali muat dan 4 unit alat angkut dengan produksi sebesar 83.101,03 ton/bulan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 04 Oct 2021 01:44
Last Modified: 04 Oct 2021 01:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34265

Actions (login required)

View Item View Item