Pengembangan Inventori Kompetensi Kepribadian Guru

Zola, Nilma (2021) Pengembangan Inventori Kompetensi Kepribadian Guru. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_NILMA_ZOLA_18151030_1661_2021.pdf

Download (675kB) | Preview

Abstract

Idealnya setiap guru haruslah memiliki kepribadian yang mantap, berwibawa, bertanggung jawab, menjadi panutan dan berakhlak mulia. Harapan kompetensi kepribadian guru adalah kemampuan kepribadian (gigih, stabil, dewasa, bijak, dan bergengsi) dan menjadi guru yang memiliki etika untuk siswa�siswanya serta di sisi lain untuk menampakkan sikap positif bagi siswa. Namun, fenomena yang terjadi saat ini munculnya banyak peristiwa yang menunjukkan rendahnya moral dan akhlak seorang guru sehingga tidak menjadi seperti apa yang diharapkan. Hal tersebut menjadi dasar dibutuhkannya sebuah instrumen untuk mengidentifikasi kompetensi kepribadian guru. Instrumen kompetensi kepribadian guru yang sudah ada sebelumnya dikembangkan menggunakan pendekatan klasik yang memiliki beberapa kelemahan. Tujuan penelitian ini adalah: 1) menghasilkan inventori kompetensi kepribadian guru yang valid secara isi; 2) menghasilkan inventori kompetensi kepribadian guru yang layak dari segi tampilan; 3) menghasilkan inventori identifikasi kompetensi kepribadian guru yang memenuhi asumsi unidimensional dan local independence; dan 4) menghasilkan inventori yang terdiri dari item-item yang fit mengukur kompetensi kepribadian guru dan tidak mengandung bias respon dengan pendekatan item response theory. Metode penelitian yang digunakan mengikuti langkah pengembangan model Gall, Gall, and Borg's. Penelitian ini mengembangkan inventori kompetensi kepribadian guru menggunakan pendekatan Item Response Theory (IRT). Inventori kompetensi kepribadian guru yang dikembangkan dalam penelitian ini melibatkan 451 orang guru di Indonesia. Hasil pengujian menunjukkan bahwa: 1) inventori kompetensi kepribadian guru dinyatakan oleh para ahli layak dari segi isi; 2) memenuhi asumsi unidimensionalitas dan idenpendensi lokal; 3) dari 36 item terdapat 9 item yang tidak layak sehingga dikeluarkan. Dengan demikian, item yang dipertahankan dalam inventori kompetensi kepribadian guru berjumlah 27 item, serta inventori kompetensi kepribadian ini dapat dimanfaatkan untuk mengidentifikasi kompetensi kepribadian guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 01 Oct 2021 03:36
Last Modified: 01 Oct 2021 03:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34255

Actions (login required)

View Item View Item