Kontribusi Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Terhadap Minat Siswa Menjadi Mekanik pada Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri Padang

Alfarisi, Salman (2021) Kontribusi Pelaksanaan Praktik Kerja Industri Terhadap Minat Siswa Menjadi Mekanik pada Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_09_SALMAN_ALFARISI_17073061_3139_2021.pdf

Download (259kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa masalah diantaranya masih rendah minat siswa berkecimpung di dunia otomotif dan menurunnya minat siswa menjadi mekanik dalam dua tahun terakhir yaitu yang seharusnya 50%, tapi baru ada 19% ataun 29 siswa dari jumlah 145 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana kontribusi pelaksanaan praktik kerja industri terhadap minat siswa menjadi mekanik. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan ex-post facto. Penelitian ini menggunakan penelitian populasi dengan respoden berjumlah 51 siswa, sedangkan sampel uji coba terdiri 25 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner (angket) dengan menggunakan skala Linkertyang telah teruji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran. Hasil penelitian ini terdapat hubungan yang positif dan signifikan anatara pelaksanaan praktik kerja industri terhadap minat siswa menjadi mekanik pada siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 5 Padang. Hal ini dapat dibuktikan dengan analisis koefisien korelasi rxy lebih besar dari rtabel (0,581 > 0,396) dan uji signifikansi koefisien korelasi thitung lebih besar dari ttabel (3,427 > 2,069). Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan kontribusi variabel pelaksanaan praktik kerja industri terhadap minat siswa menjadi mekanik sebesar 33,9%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Otomotif S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 01 Oct 2021 03:36
Last Modified: 01 Oct 2021 03:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34254

Actions (login required)

View Item View Item