Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) Berbasis Media Google Classroom dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Anekdot

Sidiq, Muhammad (2021) Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) Berbasis Media Google Classroom dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Anekdot. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_MUHAMMAD_SIDIQ_19174018_2864_2021.pdf

Download (782kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh media google classroom model project based learning dan mendeskripsikan pengaruh media google classroom dan model pembelajaran konvensional yang memiliki motivasi tinggi dan rendah, dan mendeskripsikan interaksi antara model pembelajaran project based learning dengan motivasi belajar dalam mempengaruhi keterampilan menulis teks anekdot. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen semu dengan desain faktorial atau factorial design (2x2) dan instrumen pengumpul data adalah angket motivasi belajar dan tes keterampilan menulis teks anekdot. Serta analisis data dilakukan secara deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMAN 1 Batipuh yang berjumlah 316 orang. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampiling, yaitu siswa kelas X MPA 2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 26 orang yang diajarkan dengan model pembelajaran PJBL dan siswa kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol berjumlah 36 orang yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian seperti berikut. Pertama diperoleh thitung6,23danttabel 1,66 pada taraf nyata α 0,05 dan dk 72. Jadi, th>tt maka Ho ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan keterampilan menulis teks anekdot siswa yang diajar dengan model project based learning kemampuan lebih baik daripada keterampilan menulis teks anekdot siswa yang diajarkan dengan menggunakan model konvensional kedua diperoleh thitung7.44 dan ttabel 1,72 pada taraf nyata α 0,05 dan dk 20 Jadi, th>tt maka Ho ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan keterampilan menulis teks anekdot siswa memiliki motivasi tinggi yang diajar dengan menggunakan model project based learning daripada keterampilan menulis teks anekdot siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajar menggunakan model konvensional ketiga diperoleh thitung7.44 dan ttabel 1,72 pada taraf nyata α 0,05 dan dk 20 Jadi, th>tt maka Ho ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan keterampilan menulis teks anekdot siswa memiliki motivasi tinggi yang diajar dengan menggunakan model project based learning daripada keterampilan menulis teks anekdot siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajar menggunakan model konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa danSastra Indonesia-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 01 Oct 2021 03:36
Last Modified: 01 Oct 2021 03:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34253

Actions (login required)

View Item View Item