Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Model Inquiry Based Learning dengan Pendekatan CTL untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Peserta Didik

Cahyati, Mona Trisna (2021) Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Model Inquiry Based Learning dengan Pendekatan CTL untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_MONA_RISNA_CAHYATI_18175020_1668_2021.pdf

Download (712kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 berorientasi kepada peserta didik agar aktif dan mampu menemukan sendiri materi yang dipelajari agar peserta didik terlatih dalam mengembangkan pengetahuan yang mereka miliki serta mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Kenyataan yang ditemukan pembelajaran yang dilaksanakan belum optimal. Salah satu faktor penyebabnya adalah bahan ajar yang diterapkan dalam proses pembelajaran belum sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar fisika berbasis model inquiry based learning dengan pendekatan CTL untuk meningkatkan berpikir kreatif peserta didik dengan kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah design research dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Instrumen penelitian ini adalah lembar analisis kebutuhan, lembar analisis karakteristik peserta didik, lembar validitas, lembar praktikalitas guru, lembar praktikalitas peserta didik, tes essay, dan lembar penilaian keterampilan. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian pada penelitian ini adalah bahan ajar berbasis model inquiry based learning dengan pendekatan CTL memenuhi kriteria valid dengan nilai rata�rata 0,798. Praktikalitas penggunaan bahan ajar berbasis model inquiry based learning dengan pendekatan CTL oleh guru dan peserta didik memiliki nilai masing-masingnya dengan rata-rata yaitu 91,354 dan 83,319 dengan kategori kepraktisan sangat tinggi. Bahan ajar berbasis model inquiry based learning dengan pendekatan CTL berada pada kategori efektif berdasarkan peningkatan kompetensi pengetahuan dan keterampilan peserta didik. Bahan ajar berbasis model inquiry based learning dengan pendekatan CTL untuk meningkatkan berpikir kreatif telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Oleh sebab itu, bahan ajar layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 01 Oct 2021 00:35
Last Modified: 01 Oct 2021 00:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34247

Actions (login required)

View Item View Item