Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel Guru Aini dan Ayah dan Sirkus Pohon karya Andrea Hirata: Kajian Terhadap Karakter Cerdas Generasi Muda Bangsa

Salfita., Mia (2021) Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel Guru Aini dan Ayah dan Sirkus Pohon karya Andrea Hirata: Kajian Terhadap Karakter Cerdas Generasi Muda Bangsa. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_MIA_SALFITA_19174017_2162_2021.pdf

Download (776kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menjelaskan nilai-nilai pendidikan yang terdapat di dalam novel Guru Aini dan Ayah dan Sirkus Pohon karya Andrea Hirata:kajian terhadapat karakter cerdas generasi muda bangsa yang dirinci menjadi lima, yaitu (1) nilai religius, (2) nilai kejujuran, (3) nilai cerdas, (4) nilai ketangguhan, dan (5) nilai kepedulian. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah yang dikemukakan oleh Prayitno dan Afriva Khaidir dengan membagi lima aspek nilai-nilai karakter cerdas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan dua novel karya Andrea Hirata yaitu dengan judul Guru Aini dan novel Ayah dan Sirkus Pohon. Data yang akan diambil dalam penelitian ini adalah berupa dialog dan paparan cerita yang mengandung 5 aspek nilai pendidikan karakter dalam novel Guru Aini dan novel Ayah dan Sikus Pohon karya Andrea Hirata. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik baca dan catat. Berdasarkan temuan penelitian diperoleh 71 data yang dibagi menjadi lima kelompok berdasarkan teori yang digunakan. Hasil penelitian nilai-nilai karakter cerdas dalam novel Guru Aini dan novel Ayah dan Sirkus Pohon karya Andrea Hirata adalah sebagai berikut. (1) beriman dan bertaqwa (religius) ditemukan 2 data yang terdiri dari 2 data melaksanakan perinta Tuhan. (2) jujur ditemukan 14 data yang terdiri atas 10 data berkata apa adanya, 1 data memenuhi kewajiban, dan 3 data memegang janji. (3) cerdas ditemukan 7 data yang terdiri atas 1 data analisis, 5 data berpikir maju dan 1 data berpikir positif. (4) tangguh ditemukan 24 data yang terdiri atas 1 data sabar, 1 data mandiri, 8 data putus asa, 3 data bekerja keras, 2 data tahan uji, 2 data berani berkorban, 1 data rasa ingin tahu, dan 6 data berani menanggung resiko. (5) peduli ditemukan 14 data yang terdiri atas 1 data demokratis, 1 data menghargai prestasi, 3 data peduli sosial, 2 data bersahabat/komunikatif, dan 7 data cinta keluarga. Berdasarkan penelitian tersebut menunjukkan nilai-nilai pendidikan karakter cerdas yang terdapat dalam tokoh�tokoh dari novel Guru Aini dan novel Ayah dan Sirkus Pohon karya Andrea Hirata merupakan aspek yang sangat penting dan mendominasi dalam menyampaikan penggambaran karakter tokoh yang disertai oleh kandungan fokus nilai-nilai karakter cerdas

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa danSastra Indonesia-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 01 Oct 2021 00:34
Last Modified: 01 Oct 2021 00:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34245

Actions (login required)

View Item View Item