Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik di Kelas VIII SMP

Arvia, Melsa (2021) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik di Kelas VIII SMP. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_MELSA_ARVIA_18205020_1512_2021.pdf

Download (790kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal yang dilakukan di SMP IT Iqra‟ Kota Solok, kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik masih rendah. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik tersebut disebabkan karena belum ada perangkat (RPP dan LKPD) yang mampu memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah tersebut.Untuk itu dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran (RPP dan LKPD) dengan menggunakan pendekatan Contekstual Teaching Learning (CTL). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII SMP yang valid, praktis dan efektif. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Plomp. Model ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu preliminary investigation, prototyping phase, dan assessment phase. Pada tahap preliminary investigation dilaksanakan analisis kebutuhan, analisis peserta didik, analisis kurikulum dan analisis konsep. Pada tahap prototyping phase dilaksanakan pengembangan prototype yang akan diujicobakan secara bertahap dan direvisi berdasarkan tahap evaluasi formatif yang terdiri dari self-evaluation, expert review, one-to-one evaluation dan small group. Perangkat yang dikembangkan adalah RPP dan LKPD berbasis CTL. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP IT Iqra‟ Kota Solok. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Data hasil observasi, angket dan tes dianalisis secara kuantitatif, sedangkan wawancara guru dan wawancara peserta didik dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berupa RPP dan LKPD berbasis CTL untuk kelas VIII SMP semester I yang dihasilkan memenuhi kategori valid, praktis dan efektif. Valid dari segi aspek isi, penyajian, kebahasaan dan kegrafikan. Praktis dari segi kemudahan dalam penggunaan, menarik, dan waktu, dan efektif dari segi dampak potensialnya terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika layak untuk dijadikan bahan rujukan dalam perangkat pembelajaran matematika khusunya materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 01 Oct 2021 00:33
Last Modified: 01 Oct 2021 00:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34240

Actions (login required)

View Item View Item