Studi Tentang Motif Tenun Songket Minangkabau (Studi Kasus Tempat Usaha Rino Risal di Kecamatan Koto Tangah Kota Padang).

Izzara, Widi Aliffa (2021) Studi Tentang Motif Tenun Songket Minangkabau (Studi Kasus Tempat Usaha Rino Risal di Kecamatan Koto Tangah Kota Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_WIDI_ALIFFA_IZZARA_1302842_2549_2021.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Usaha Rino Risal adalah industri kreatif yang menghasilkan tenun songket Minangkabau yang terdapat di Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Usaha Rino Risal mengutamakan motif khas Minangkabau dalam pembuatan tenunan songket. Masyarakat Kecamatan Koto Tangah selama ini hanya mampu menikmati tenunan songket Minangkabau secara fungsional saja tanpa mengetahui nama dan bentuk motif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain motif dan bentuk motif tenun songket Minangkabau di Kecamatan Koto Tangah Kota Padang.Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan jenis data berupa data primer dan data sekunder, Teknik dalam mengumpulkan data pada penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajiaan data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa desain motif yang digunakan pada Tempat Usaha Rino Risal yaitu motif khas Minangkabau yang berasal dari alam dan keseharian masyarakat Minangkabau. Terdiri dari motif hewan, tumbuhan, dan makanan khas Minangkabau. Motif yang terdapat pada Usaha Rino Risal yang sering digunakan terdiri dari 13 motif yaitu, motif pucuak rabuang, saik kalamai, buah palo, balah kacang, salapah, tirai, biku, itiak pulang patang, anyam, bada mudiak, saluak laka, cukia baserak, sirangkak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 30 Sep 2021 02:57
Last Modified: 30 Sep 2021 02:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34225

Actions (login required)

View Item View Item