Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat PDTM Kelas X TPM di SMK Muhammadiyah 1 Padang

Yunita, Rika (2021) Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat PDTM Kelas X TPM di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_RIKA_YUNITA_15067105_586_2021.pdf

Download (331kB) | Preview

Abstract

Suatu penelitian dikembangkan bersama-sama antara penelitian dengan fokus PTK pada siswa atau PBM (Proses Belajar Mengajar) yang terjadi di kelas Menurut Kunandar (2008) penelitian tindakan kelas merupakan penelitian tindakan yang dilakukan oleh guru sekaligus sebagai peneliti di kelasnya atau bersama-sama dengan orang lain (kolaborasi) dengan jalan merancang, melaksanakan dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif yang bertujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas pembelajaran Padang dengan menerapkan Problem Based Learning dapat menaikkan aktivitas peserta didik dalam proses belajar dan meningkatkan hasil studi dibandingkan dengan penerapan metode lain. Hasilnya dapat terlihatnya perbedaan aktivitas dan hasil studi pada siklus kedua. Siklus pertama pada kelas X TPM tidak memperoleh aktivitas dan hasil studi yang berbeda secara signifikan yaitu 57,1% dan 67 untuk persentase aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Namun saat diterapkan model Problem Based Learning, peningkatan pada persentase kegiatan belajar maupun hasil studi peserta didik. Siklus kedua menghasilkan perbedaan yang cukup signifikan, yaitu 79,1% dan 77,73 untuk persentase aktivitas belajar dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 01 Oct 2021 00:32
Last Modified: 01 Oct 2021 00:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34218

Actions (login required)

View Item View Item