Mapping out the Education Supply Chain Management System of the Engineering Faculty, Universitas Negeri Padang

Kyaw Zay Ya, Kyaw Zay Ya (2021) Mapping out the Education Supply Chain Management System of the Engineering Faculty, Universitas Negeri Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_KYAW_ZAY_YA_19138049_3318_2021.pdf

Download (224kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi Education Supply Chain yang ada di Fakultas Teknik. Penemuan ini dibangun di atas model rantai pasokan bisnis dari aspek lima fungsi utama sebagai input, operasi, output, penjualan dan pemasaran, layanan dan empat fungsi pendukung sebagai pengadaan, pengembangan TI, manajemen sumber daya manusia dan manajemen infrastruktur (keuangan, dll. ). Metode penelitian yang digunakan adalah kombinasi metode desain Sequential Exploratory, menggabungkan wawancara kualitatif secara berurutan dan metode kuantitatif menggunakan kuesioner skala Likert, dimana teknik analisis data menggunakan persentase tingkat ketercapaian responden untuk data kuantitatif dan untuk data kualitatif menggunakan teknik analisis tematik dimana pengorganisasian data, temuan dan pengorganisasian ide dan konsep, membangun tema dalam data, memastikan keandalan dan validitas dalam analisis data, menemukan penjelasan yang mungkin dan masuk akal dari temuan dan gambaran langkah-langkah akhir. Berdasarkan hasil penelitian kualitatif, Education Supply Chain dapat ditemukan di lokasi penelitian. Ada sembilan komponen rantai panjang yang dibagi menjadi fungsi utama dan fungsi pendukung. Yang pertama melibatkan input, operasi, output, hubungan masyarakat, dan layanan. Kemudian meliputi pengembangan TI, pengadaan, pengelolaan sumber daya manusia, dan pengelolaan infrastruktur (manajemen keuangan dan pengelolaan kemahasiswaan). Fungsi�fungsi tersebut saling berkolaborasi, bekerja sama, dan saling berkoordinasi untuk menghasilkan output di Fakultas Teknik. Hasil ini digunakan untuk mengembangkan instrumen pengumpulan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat ketercapaian responden untuk input sebesar 77,69% dengan kategori cukup. Untuk operasi, levelnya naik 86,6% dengan pencapaian yang baik. Kemudian, hasil output konsisten dalam kondisi cukup dengan 78%. Namun demikian, untuk bagian Humas dan Pelayanan mencapai tingkat pencapaian yang baik, masing-masing 85% dan 83,2. Tingkat pencapaian responden untuk pengelolaan keuangan mencapai 81,52%, yaitu pengembangan TI (80%), dan manajemen kemahasiswaan (80,27%) sedangkan tingkat pengadaan diperoleh 77,6% pada tingkat cukup. Secara umum, keberadaan mata rantai pasok pendidikan Fakultas Teknik terindikasi dengan jelas

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 29 Sep 2021 07:56
Last Modified: 29 Sep 2021 07:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34209

Actions (login required)

View Item View Item