Analisis Pembelajaran Daring dan Hubungannya dengan Motivasi Belajar Mahasiswi Jurusan Tata Rias dan Kecantikan Universitas Negeri Padang

Novriwanti, Julita (2021) Analisis Pembelajaran Daring dan Hubungannya dengan Motivasi Belajar Mahasiswi Jurusan Tata Rias dan Kecantikan Universitas Negeri Padang. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_JULITA_NOVRIWANTI_17078116_4120_2021.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Permasalahan di temukan pada materi ini karena kurangnya motivasi belajar mahasiswi terhadap pembelajaran daring pada mata kuliah rias wajah. Penelitian ini dilakukan untuk melihat seberapa kuat hubungan pembelajaran daring pada mata kuliah rias wajah dengan motivasi belajar mahasiswi. Tujuan dari penelitianini a) Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran daring dan motivasi belajar mahasiswi pada mata kuliah rias wajah. b) Untuk mengetahui hubungan pembelajaran daring dengan motivasi belajar mahasiswi Jurusan Tata Rias dan Kecantikan Universitas Negeri Padang Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskripitif. Penelitian kuantitatif deskriptif menggunakan pendekatan korelasi (correlational research). Populasi penelitian ini adalah mahasiswi Jurusan Tata Rias dan Kecantikan Universitas Negeri Padang angkatan 2019 sebanyak 113 orang. Sampel pada penelitian ini menggunakan metode classter random sampling dengan cara diundi. Sampel yang diambil 3 kelas yaitu kelas F, B, dan C sebanyak 55 orang mahasiswi. Penelitian ini menggunakan instrument penelitian dengan jenis kuesioner (angket) yang disebarkan melalui Google Form. Skala yang digunakan untuk mengolah data angket atau kuesione rtersebut adalah skala likert. Penelitian ini menggunakan teknik pengujian korelasi Bivariate Pearson (Produk Momen Pearson). Berdasarkan hasil analisis statistika dasar proses pembelajaran daring mendapatkan rata-rata skor sebanyak 56,22% masuk dalam kategori tinggi dan hasil analisis statistika dasar motivasi mahasiswi Jurusan Tata Rias dan Kecantikan Universitas Negeri Padang mendapatkan rata-rata skor sebanyak 56,82% masuk ke dalam kategori sedang. Hasil perhitungan mengenai hubungan antara pembelajaran daring dengan motivasi belajar mahasiswi ditunjukkan dengan korelasi rhitung 0,997 tingkat hubungannya sangat kuat. Berdasarkan keseluruhan hasil penilaian proses pembelajaran daring dengan motivasi belajar mahasiswi Jurusan Tata Rias dan Kecantikan Universitas Negeri Padang memiliki tingkat hubungan yang sangat kuat pembelajaran daring memiliki hubungan positif yang signifikan pada motivasi belajar mahasiswi. Bagi program studi tata rias dan kecantikan UNP penelitian ini disarankan agar menjadi bahan untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan mengenai pembelajaran daring dan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 29 Sep 2021 04:07
Last Modified: 29 Sep 2021 04:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34200

Actions (login required)

View Item View Item