Pemetaan Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat Berdasarkan Tenaga Kesehatan Tahun 2019 Menggunakan Analisis Multidimensional Scaling

Winanda, Wisra (2021) Pemetaan Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat Berdasarkan Tenaga Kesehatan Tahun 2019 Menggunakan Analisis Multidimensional Scaling. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_10_WISRA_WINANDA_17037075_1762_2021.pdf

Download (892kB) | Preview

Abstract

Tenaga kesehatan adalah setiap orang yang mengabdikan diri dalam bidang kesehatan serta memiliki pengetahuan dan/atau keterampilan melalui pendidikan di bidang kesehatan yang untuk j enis tertentu memerlukan kewenangan untuk melakukan upaya kesehatan. Tenaga kesehatan terns membaik dalam jumlah kualitas, namun dari segi pemerataan ketersediaan masih belum mampu memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan. Provinsi Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi yang mengalami ketidakmerataan tenaga kesehatan. Jumlah tenaga kesehatan pada daerah perkotaan sudah dapat memenuhi target rasio tenaga kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah sedangkan pada daerah kabupaten masih banyak rasio tenaga kesehatan yang belum memenuhi target. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui Kabupaten/Kota mana saja yang memiliki kesamaan karakteristik tenaga kesehatan; (2) mengetahui Kabupaten/Kota mana saja yang perlu diperhatikan karakteristik tenaga kesehatan; (3) mengetahui tingkat keakuratan peta yang dihasilkan terhadap pemetaan Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat berdasarkan tenaga kesehatan Tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian terapan yang diawali dengan mempelajari dan menganalisis teori-teori yang relevan dengan permasalahan kemudian dilanjutkan dengan pengambilan data. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (BPPSDMK) Sumatera Barat. Pada penelitian ini yang menjadi variabel adalah dokter umum, dokter gigi, tenaga keperawatan, tenaga kebidanan, tenaga kefarmasian, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, tenaga ahli gizi, dan tenaga keteknisian medik. Analisis yang digunakan yaitu analisis Multidimensional Scaling, dimana objek penelitian yang digunakan yaitu 19 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat. Hasil penelitian menggunakan analisis multidimensional scaling diperoleh 5 kelompok yang memiliki kesamaan karakteristik tenaga kesehatan terhadap Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat.Terdapat hubungan karakteristik tenaga kesehatan terhadap Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat dimana beberapa Kabupaten/Kota mempunyai karakteristik tenaga kesehatan yang dominan. Penelitian mendapatkan nilai stress sebesar 9,4% yang artinya hasil peta persepsi yang dihasilkan berkriteria baik dan R-square sebesar 99% yang berarti peta persepsi mewakili data dengan sempuma.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika - D3
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 29 Sep 2021 04:07
Last Modified: 29 Sep 2021 04:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34191

Actions (login required)

View Item View Item