Pengaruh Ekstrak Gambir (Uncaria gambir Roxb.) terhadap Hemoglobin dan Hematokrit Mencit (Mus Musculus L.) Jantan pada Latihan Fisik Maksimal

Nuchair, Vidya Laila (2021) Pengaruh Ekstrak Gambir (Uncaria gambir Roxb.) terhadap Hemoglobin dan Hematokrit Mencit (Mus Musculus L.) Jantan pada Latihan Fisik Maksimal. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_VIDYA_LAILA_NUCHAIR_17032122_1015_2021.pdf

Download (788kB) | Preview

Abstract

Latihan fisik maksimal dapat memicu terjadinya stress oksidatif, yaitu produksi radikal bebas lebih besar dibandingkan sistem pertahanan antioksidan tubuh. Selain itu, latihan fisik maksimal akan membuat kebutuhan 02 didalam tubuh meningkat, radikal bebas meningkat dan akan menyebabkan Reactive Oxygen Species (ROS). Sehingga akan menyebabkan eritrosit rusak selama dan setelah melakukan latihan fisik maksimal yang menyebabkan anemia, yaitu ditandai dengan penurunan kadar hemoglobin dan nilai hematokrit. Upaya yang dilakukan untuk mengurangi resiko anemia dalam latihan fisik maksimal dengan mengkonsumsi Ekstrak gambir ( Uncaria gambir Roxb. ). Gambir memiliki kandungan zat besi (Fe) yang tinggi. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui pengaruh Ekstrak gambir ( Uncaria gambir Roxb.) terhadap kadar hemoglobin dan nilai hematokrit mencit jantan (Mus musculus L.) pada latihan fisik maksimal. Jenis penelitian ini eksperimen dengan Rancangan Acak lengkap (RAL ), yang dilaksanakan pada Juli-Desember 2020 di Laboratorium Fisiologi Hewan Jurusan Biologi Universitas Negeri Padang. Perlakuan yang diberikan adalah Kl: tidak diberi ekstrak gambir dan tidak diberi perlakuan latihan fisik maksimal, K2: tidak diberi ekstrak gambir setelah perlakuan latihan fisik maksimal, P 1: diberi ekstrak gambir konsentrasi 80% dosis 50 mg setelah perlakuan latihan fisik maksimal, P2: diberi ekstrak gambir konsentrasi 80% dosis 100 mg setelah perlakuan latihan fisik maksimal dan P3 : diberi ekstrak gambir konsentrasi 80% dosis 200 mg setelah perlakuan latihan fisik maksimal. Pemeriksaan yang dilakukan berupa kadar hemoglobin dan nilai hematokrit mencit jantan. Perlakuan latihan fisik maksimal berupa renang dan pemberian ekstrak gambir selama 28 hari. Data dianalisis ragam satu arah ( One Way ANOV A) dilanjutkan dengan uji lanjut LSD dengan taraf 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan, Ekstrak gambir (Uncaria gambir Roxb.) berpengaruh (p < 0,05) meningkatkan kadar hemoglobin mencit jantan sebesar 13,48 g/dL dan nilai hematokrit mencit jantan sebesar 41,40%. Pemberian ekstrak gambir yang paling efektif yaitu pada kosentrasi 80% dengan dosis 200 mg.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 29 Sep 2021 02:59
Last Modified: 29 Sep 2021 03:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34182

Actions (login required)

View Item View Item