Faktor-Faktor Yang mempengaruhi Peningkatan Angka Kesakitan Hipertensi Di Kota Padang Menggunakan Analisis Regresi Probit

Risa, Uci Nindia (2021) Faktor-Faktor Yang mempengaruhi Peningkatan Angka Kesakitan Hipertensi Di Kota Padang Menggunakan Analisis Regresi Probit. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_10_UCI_NINDIA_RISA_17037071_1163_2021.pdf

Download (754kB) | Preview

Abstract

Hipertensi adalah suatu keadaan terjadinya peningkatan tekanan darah di atas batas ambang normal. Hipertensi merupakan salah satu penyakit tidak menular yang menjadi masalah penting di dunia kesehatan, karena pravelensinya yang tinggi. Penyakit hipertensi tidak memiliki tanda gejala khusus dan dapat menyerang organ lain bahkan sering disertai kematian. Prevelensi hipertensi di Kota Padang cukup tinggi. Hipertensi masuk kedalam 10 trend penyakit terbanyak dan menempati urutan ke-2 sebagai penyakit yang paling sering dialami masyarakat di Kota Padang. Bahkan pada tahun 2016-2019 kasus hipertensi di Kota Padang selalu mengalami peningkatan. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui model regresi probit pada faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan angka kesakitan hipertensi Kota Padang; (2) mengetahui faktor dominan yang mempengaruhi peningkatan angka kesakitan hipertensi di Kota Padang; dan (3) mengetahui peluang dari faktor-faktor yang dapat mempengaruhi peningkatan angka kesakitan hipertensi di Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian terapan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder berupa data penderita hipertensi di Kota Padang sebanyak 80 orang. Data diperoleh melalui lembaga resmi pemerintahan yakni dari Dinas Kesehatan Kota Padang dan dari bagian Rekam Medik RSUP Dr. M. Djamil Padang. Data dianalisis menggunakan analisis regresi probit. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh model regresi probit terbaik yang menggambarkan faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan angka kesakitan hipertensi di Kota Padang adalah: Yi*= <D-1(Pi) = - 0,796 + 1,633 X3 + 1,483 Xs Berdasarkan model tersebut, dapat diketahui bahwa faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan angka kesakitan hipertensi di Kota Padang adalah riwayat keluarga (X3), kebiasaan merokok (X4) dan permasalahan emosional (Xs ). Peluang tertinggi peningkatan angka kesakitan hipertensi adalah individu yang mempunyai riwayat keluarga hipertensi, memiliki kebiasaan merokok, serta mengalami permasalahan emosional dengan peluang sebesar 99,66%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika - D3
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 29 Sep 2021 02:59
Last Modified: 29 Sep 2021 02:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34181

Actions (login required)

View Item View Item