Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS)

Dwinanda, Tiara Moriszka (2021) Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_TIARA_MORISZKA_DWINANDA_16029137_466_2021.pdf

Download (749kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika. Namun, kenyataannya pemahaman konsep matematis peserta didik masih tergolong rendah. Untuk mengatasi hal tersebut diterapkanlah model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan secara teoritis apakah pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah adalah penelitian studi literatur. Penelitian ini merupakan serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat, serta mengolah bahan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka, yaitu dengan mengumpulkan data-data yang bersumber dari berbagai jumal, buku-buku yang berkaitan dengan objek yang akan dibahas, mengambil data pustaka, membaca, mencatat, dan mengolah bahan penelitian dengan jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Setelah mengumpulkan data kemudian melakukan review terhadap beberapa istilah penting dalam penelitian. Beberapa literatur diperoleh dari berbagai sumber referensi. Istilah penting yang didefinisikan dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep matematis dan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Lalu, dilakukan analisis jumal berdasarkan semua literatur yang telah diperoleh dengan menyusun hasil penelitian.Pembahasan dilakukan dengan mengaitkan hasil yang diperoleh dari analisis jumal dengan teori-teori yang ada. Kemudian menyusun kesimpulan bedasarkan hasil analisis. Terakhir yaitu mengajukan saran berdasarkan temuan- temuan yang diperoleh. Berdasarkan studi yang dilakukan diperoleh bahwa pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik secara teoritis. Penerapan tahapan-tahapan pembelajaran TPS dapat menunjang aktivitas belajar sehingga dapat membantu meningkatkan pemahaman konsep peserta didik yang dapat dilihat dari ketercapaian indikator pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:31
Last Modified: 29 Sep 2021 01:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/34175

Actions (login required)

View Item View Item